Beberapa Tips Merawat Flashdisk

By On Senin, Februari 13th, 2017 Categories : Tips & Trik

Beberapa Tips Merawat Flashdisk

flashdisk

Sebelum kita membahas ke inti pembahasan kita sekarang ini, alangkah baiknya kita terlebih dahulu mengetahui apa itu flashdisk dan fungsinya untuk apa. sekian banyak orang di dunia ini hanya beberapa persen orang saja yang tidak tahu flashdisk mungkin yang tidak terjangkau dengan adanya teknologi teknologi sekarang ini hehe.

Nah ini adalah fungsi flashdisk, berfungsi untuk menyimpan dan memindahkan data kita dan mungkin yang paling umum digunakan orang dari berbagai negara . Tahu kah kalian sebenarnya ada manfaat flash disk yang lainnya dapat Anda lakukan dengan drive ini yang sangat berguna. dan ini adalah berbagai manfaat flashdisk drive USB untuk melakukan hal lain lebih dari sekedar hanya menyimpan dan memindahkan data.

Selain menyimpan data, kita dapat menjalankan aplikasi portable dari flash drive USB. Misalnya saja, OpenOffice, yang merupakan office suite lengkap yang mencakup pengolah kata, spreadsheet, presentasi, paket menggambar, dan database yang tersedia sebagai aplikasi portabel. dan anda juga bahkan bisa menginstal seluruh aplikasi yang mencakup hal-hal seperti pemutar audio, permainan, utilitas antivirus, dan sistem menu praktis dari flash disk. sudah tahu fungsinya kita beralih ke pengertian lagi.

Nah ini adalah pengertian flashdisk, adalah alat penyimpan data/file yang berupa NAND. Di dalam perangkat ini, tertanam controller dan memori penyimpan data yang bersifat tidak akan hilang meskipun tidak terdapat daya listrik dan juga bisa di sebut sebagai non–volatile. Komponen flashdisk lebih sederhana dan relative lebih sedikit dibandingkan dengan hardisk juga ukuran body kecil bisa di bawa kemana saja.

Setelah kita mengetahui fungsi dan pengertian dari flashdisk yang mungkin sebagian orang belum tahu jadi tahu setelah membacanya, iya kan? hehe. sekarang kita lanjut ke inti pembahasan kita yang di atas ya.

Beberapa Tips Merawat Flashdisk

Hindari medan magnetik
Benda elektronik di sekitar kita yang memiliki medan magnet cukup kuat antara lain kipas angin, televisi, pengeras suara, dan home theatre. Medan magnet, meski tak banyak, tetap dapat berdampak pada komponen flashdisk. Jika ini terjadi terus menerus, flashdisk akan lebih cepat rusak dari umur yang seharusnya.

Copot dengan Benar
Selalu perhatikan hal ini setelah pemakain selesai, selalu gunakan fitur pencopotan aman yang disediakan oleh komputer yang disediakan oleh Windows yaitu “Safely Remove Hardware” dan hindari pencopotan secara langsung ketika flashdisk sedang dalam proses membaca atau menulis, soo.. yang sering melakukan hal ini segera hentikan.

Hindari mengedit file langsung dari flashdisk
Ini sering sih saya gunakan karena malas mengkopy ke komputer, flashdisk mempunyai umur yang cukup lama, antara 10.000 hingga 100.000 proses membaca dan menulis.
Jadi, untuk memperpanjang umur ini, hindari mengedit file langsung dari flashdisk. Sebaiknya, salin file ke komputer untuk diedit, dan jika sudah selesai, kamu boleh menyalinnya kembali ke flashdisk kesayanganmu.

Jauhkan flashdisk dari tempat panas
Selalu perhatikan hal ini, jangan menaruh flashdisk kalian pada tempat yang suhunya terlalu panas, atau memasang flashdisk terlalu lama pada laptop kalian, itu tidak baik bagi kesehatan flashdisk sobat begitu juga dengan kita jika kepanasan tahu sendiri kan efeknya.

Hindari benturan keras
Jangan biasakan melempar flashdisk apa lagi membanting, flashdisk terjatuh, jangan di di gigit juga ya atau semacamnya yang menyebabkan komponen di dalam flashdisk jadi terbentur. Karena jika komponen yang ada di dalam flashdisk rusak, maka proses baca tulis flashdisk akan ikut rusak juga.

Semoga artikel ini bisa membantu yang mau merawat flashdisknya dari kerusakan yang mungin saja akan di alami oleh semuanya.

Beberapa Tips Merawat Flashdisk | nagademo | 4.5