Inilah 5 Negara Paling Dermawan Di Dunia

By On Senin, Oktober 2nd, 2017 Categories : travel

Inilah 5 Negara Paling Dermawan Di Dunia

patung di amerika

Tahukah anda jika lembaga amal Charity Aid Foundation (CAF) setiap tahunnya melakukan survey ke orang-orang di beberapa negara untuk menemukan berita terbaru peringkat negara berdasarkan jumlah penduduk yang banyak beramal dan suka melakukan kegiatan social. Jadi CAF mengeluarkan 1.000 kuesioner yang disebarkan kepada orang-orang di 140 negara dengan menggunakan indeks penilaian yang disebut World Giving Index. Dimana terdapat tiga kategori penilaian membantu yaitu membantu orang yang tidak dikenalnya, memberikan sumbangan dalam bentuk uang, dan melalukan kegiatan amal.

Negara Paling Dermawan

Adapun  ke lima negara paling dermawan di dunia berdasarkan hasil survey di atas adalah sebagai berikut :

  1. Myanmar

Negara Myanmar atau yang dikenal juga sebagai Negara Burma menduduki peringkat teratas sebagai negara paling dermawan. Hampir 90% penduduk Myanmar gemar berderma atau beramal untuk orang miskin dan hampir 50% melakukan kegiatan amal atau sosial. Mengapa bisa demikian? Karena kebanyakan penduduk Myanmar menganut agama Buddha yang mana dalam agama Buddha diajarkan untuk mendonasikan uang untuk kebaikan. Padahal sebenarnya negara Myanmar termasuk dalam kategori negara dengan level pendapatan penduduk yang rendah menurut Bank Dunia, namun nyatanya hal tersebut tidak menyurutkan keinginan penduduknya untuk beramal dan melakukan kegiatan social.

  1. Amerika Serikat

Amerika Serikat memang tidak pernah ketinggalan masuk dalam peringkat negara paling dermawan di dunia setiap tahunnya menurut CAF. Namun untuk kali ini, negara yang dikenal sebagai Negara Paman Sam harus puas menduduki peringkat kedua dan mengaku bahwa negara Myanmar sebagai negara paling dermawan. Pada survey kali ini tercatat bahwa sekitar 78%  penduduk Amerika Serikat suka membantu orang yang tidak dikenal yang mana ini merupakan skor tertinggi di World Giving Index.

  1. Australia

Australia sebagai negara dan benua baru dengan populasi yang sedikit mencatatkan sekitar 73% penduduknya gemar menyumbangkan uang dengan total sumbangan mencapai 12 miliar dolar AS. Total tersebut tergolong fantastis sehingga menempatkan Australia ke posisi ketiga negara paling dermawan di dunia. Penduduk Australia memang tergolong ramah namun hanya sedikit yang mampu meluangkan waktunya untuk bergabung dalam kegiatan social, hal ini terbukti hanya sekitar 40% dari penduduk Australia.

  1. Selandia Baru

Selandia Baru yang lokasinya berdekatan dengan Australia, penduduknya juga gemar melakukan donasi uang yang mana tercatat sejumlah 71%. Namun sama halnya dengan Australia, untuk ikut bergabung dengan kegiatan amal atau social jumlahnya masih sedikit yaitu sekitar 40% penduduk saja. Penduduk Selandia Baru meyakini bahwa manusia harus saling peduli salah satunya dengan cara beramal sehingga penduduk disini terkenal memiliki sifat dermawan.

  1. Sri Lanka

Sedangkan peringkat ke lima negara paling dermawan di dunia ditempati oleh Sri Lanka dimana karakteristik penduduk Sri Lanka hampir mirip seperti penduduk Myanmar. Mereka menganut agama Buddha sehingga mengamalkan ajaran agama Buddha untuk mendonasikan uang mereka untuk kebaikan. Oleh karena itu negara Sri Lanka tercatat sebanyak 61% penduduknya rutin mendonasikan uangnya dan sekitar 49% penduduknya rela bekerja tanpa dibayar untuk proyek social.

Tak di sangka, negara yang dalam berita terbaru terjerat kasus krisis kemanusiaan masuk dalam top negara dengan penduduk paling dermawan di dunia. So, bagaimana dengan Indonesia, kira-kira kapan akan masuk sebagai negara paling dermawan di dunia? Kita tunggu saja.

 

Inilah 5 Negara Paling Dermawan Di Dunia | nagademo | 4.5