Teknik dan Cara Pijat Bayi yang Benar

By On Selasa, Januari 16th, 2018 Categories : Tips & Trik

Teknik dan Cara Pijat Bayi yang Benar

cara pijat bayi

Kesehatan buah hati tidak hanya dipengaruhi asupan gizinya saja, faktor lainnya pun juga harus diperhatikan. Banyak ibu yang menggunakan jasa pijat agar bayinya lebih sehat dan tidak cepat rewel. Tentunya Anda tidak bisa sembarangan dalam melakukannya sendirian. Perlu mengetahui dan mempelajari cara pijat bayi yang benar agar manfaat yang diinginkan bisa tercapai. Lakukan aktivitas ini sembari mengajari anak Anda berbicara dan bernyanyi supaya suasananya rileks.

Cara Pijat Bayi yang Benar

Jika bayi suka menangis dan juga susah tidur, segera cari penyebabnya. Bisa jadi karena kelelahan atau kondisi badan yang tidak sehat. Untuk anak yang masih berusia dibawah lima tahun sebaiknya hindari penggunaan obat luar. Konsumsi makanan yang bergizi dan pemberian pijatan terbukti mampu mengatasi masalah tersebut. Berikut ini adalah cara pijat bayi yang bisa dipelajari dengan mudah.

  1. Kondisi bayi

Waktu dan tempat juga harus diperhatikan. Saat akan dipijat jangan sampai bayi dalam keadaan lapar atau kekenyangan. Hindari memijat saat sedang tidur karena malah akan mengganggu. Siapkan ruangan yang cukup hangat dan nyaman. Minyak yang digunakan adalah olive oil atau baby oil sesuai dengan selera Anda.

  1. Mulai melakukan pijatan

Ada beberapa tahapan yang harus Anda ketahui dan pastikan urut. Ini menyesuaikan dengan sirkulasi darah si bayi dan juga agar membuatnya semakin rileks. Mulailah memijat dari bagian tungkai lalu turun ke bawah sampai jemari-jemarinya. Setelah selesai pada bagian kaki lalu lanjutkan ke lengan. Beri pijatan lembut pada tangan bagian atas lalu ke pergelangan. Lanjutkan ke bagian dada dan punggung. Saat beralih ke bagian belakang, pastikan posisi bayi dalam keadaan tengkurap.

  1. Gendong bayi agar tertidur

Setelah selesai melakukan pijatan, sangat dianjurkan agar bayi ditidurkan. Tentunya disesuaikan dengan kondisinya. Ada yang begitu selesai langsung tertidur namun ada juga yang malahan semangat bermain. Setiap bunda pasti memiliki cara sendiri untuk membuat buah hati terlelap. Menyanyikan lagu kesenangan ataupun menggendong bisa menjadi solusi agar anak Anda bisa istirahat dengan lelap.

Banyak orang yang sengaja melakukan kursus agar mengetahui teknik dan cara pijat bayi yang benar. Harus tepat dan tidak boleh salah karena bisa menimbulkan masalah yang tidak diinginkan. Di tempat tersebut Anda akan diajarkan cara serta praktik langsung agar bisa diaplikasikan pada bayi. Tidak harus dilakukan setiap hari, bisa satu minggu sekali atau saat keadaan anak sedang tidak fit.

Setelah mengetahui cara pijat bayi yang benar seperti yang sudah disebutkan diatas, maka Anda langsung bisa melakukan pijatan sendiri kepada buah hati. Lakukan sesuai dengan tahapan diatas agar kesehatan bayi lebih terjaga dan tidak gampang sakit.

Teknik dan Cara Pijat Bayi yang Benar | nagademo | 4.5