Beberapa Alat Musik yang Unik di Dunia

Beberapa Alat Musik yang Unik di Duniaalat musik

Berbicara alat musik memang sangat familiar sekali kita dengan yang namanya gitar, drum dan kwan-kawannya yang sering kelihatan di sekitar ataupun di tv saat penyanyi lagi show. Tapi alat musik kali ini memang benar unik sekali loh, mulai keunikan dari fisik secara tampilannya sampai mungkin suaranya juga unik loh tergantung kita yang menikmatinya, mungkin kalian bisa menikmati suara musiknya di gudang lagu dari list alat musik yang ada dibawah ini secara langsung.

Alat musik yang unik di dunia

Mungkin dari bebrapa kalian ada yang belum pernah mendengar namanya, langsung bica kalian cek listnya dibawa ya.

1. Sharpsichord

Sharpsichord adalah alat musik menggunakan naga surya, alat musik ini diciptakan oleh seseorang yang bernama Henry Dagg. Sharpsichord merupakan bentuk alat musik silinder yang berisi 11.520 lubang dan berupa pin untuk menciptakan musik, pin tersebut memicu alunan instrumen yang sesuai.

2. Zeusaphone

Zeusaphone adalah salah satu alat musik instrumen yang aneh. Alat ini dibuat dari Tesla Coil yang telah dimodifikasi, alat ini menghasilkan musik dengan mengendalikan keluarnya percikan frekuensi, yang selanjutnya menjadi instrumen yang cukup indah. Jika kalian mau mendengarkan suaranya bisa cari di gudang lagu sesuai yang kalian inginkan, alat musik ini dibuat dari Tesla coil dimodifikasi sedemikian rupa untuk menghasilkan gelombang musik yang dikendalikan dari frekuensi.

3. Hydraulophone

Hydraulophone adalah sebuah alat musik yang untuk menghasilkan suaranya memerlukan aliran air dari dalam alat. Dari dalam hydraulophone, air akan dipompa ke dalam tabung melengkung dan akan menyemburkan air secara horizontal dari serangkaian lubang kecil di bagian atas tabung itu. Alat ini pertama kali diperkenalkan oleh seorang profesor dari Universitas Toronto yang bernama Steven Mann. Pada acara International Computer Music Conference tahun 2007, Steven Mann mengenalkan hydraulophone ini dengan ciri khasnya yaitu pipa dan air.

Baca juga: Patah Hati? Harus Tonton Film Ini

4. Cheese Drum Set

Alat musik Cheese Drum Set unik ini dibuat dari beberapa jenis keju dengan ukuran yang berbeda-beda. Namun tidak semua komponen alat musik ini terbuat dari keju. Seperti halnya drum biasa, drum keju ini juga mengeluarkan suara, Caranya tergantung dari bagaimana dan di mana kamu memukulnya sehingga akan menjadi suara yang khas.

5. Aeolian Wind Harp

Alat ini terbuat dari sebuah kotak kayu dengan senar membentang di dua papan. Jika kamu ingin mendengar suara yang dapat dibuat dengan alat ini, harus ditempatkan dekat jendela yang terbuka, sehingga angin bisa meniupnya. Sebuah kecapi yang dimainkan dengan bantuan angin. Cukup unik memang alat musik yang satu ini. Aeolian diambil dari salah satu dewa yunani kuno  Aeolus, seorang dewa angin.

6. Organ Laut

Perangkat tersebut dibuat oleh arsitek Nikola Dasar sebagai bagian dari proyek untuk mendesain ulang pantai kota baru (Nova riva), dan situs dibuka untuk umum pada tanggal 15 April 2005. Musik yang diperdengarkan organ laut, tidak bisa diprediksi dan tidak mungkin terulang dua kali, karena nada yang keluar tergantung pada besarnya gelombang air laut yang mendorong angin ke dalam lorong pipa. Sementara besarnya gelombang air laut selalu berubah-ubah.

7. Road Music

Instrumen ini merupakan ide dari Shinoda, seorang yang terinspirasi dari kerusakan jalan di daerah sekitar rumahnya. Dengan berbagai persiapan dan bantuan dari beberapa pihak akhirnya terciptalah karya mengagumkan ini. Hasilnya, Jalan usik yang diukir lubang dengan lebar 6mm dan terpisah tiap jarak 12 mm yang mampu menciptakan dengungan musik nan indah. Dibuat oleh anggota peneliti industri di Hokkaido. Berupa arsiran yang diukir di sepanjang jalan, apabila kita melintas di atasnya maka akan tercipta suara alunan musik yang indah hanya dengan berjalan saja. 

8. Organ Klasik Terbesar

Sebuah organ terbesar di dunia pun tertanam di dalam Boardwalk Hall. Serupa dengan piano, namun bedanya alat musik organ ini mampu menirukan bunyi-bunyian dari alat musik lainnya seperti cello, harpa hingga gitar. The Boardwalk Hall bisa berbangga karena memiliki organ terbesar di dunia yang menjadi alat musik yang paling kuat di bumi. Terdiri dari 1200 tuts terbuat dari 33.000 pipa dengan volume enam kali lebih nyaring dari peluit kereta yang paling keras.

Masih banyak lagi hal yang unik berkaitan dengan musik di dunia ini, salah satunya yang telah disebutkan di atas tadi ya. jika kalian mau teulusi lebih lanjut pasti kalian menemukan hal unik lainnya.

You May Also Like

About the Author: Abu Hasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *