3 Tempat Wisata Edukasi Seru di Mataram

By On Senin, Agustus 20th, 2018 Categories : travel

3 Tempat Wisata Edukasi Seru di Mataram

Selain Bali, belakangan daerah Nusa Tenggara Barat (NTB) menjadi destinasi wisata populer di kalangan wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Tidak heran jika saat ini, ada banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi. Mulai dari wisata alam, modern, kuliner, hingga edukasi.

(sumber : wisatania.com)

(sumber : wisatania.com)

Salah satu kawasan yang sering dikunjungi orang di NTB adalah kota Mataram yang terletak di Pulau Lombok. Kota kecil yang juga Ibu Kota Provinsi NTB tersebut memang dikenal memiliki keindahan alam yang eksotis. Sebagai referensi, berikut merupakan 3 tempat wisata di Mataram Lombok yang edukatif dan bersejarah.

Mari kita simak ulasannya!

  1. Taman Narmada

Narmada merupakan sebuah situs bersejarah peninggalan kerajaan Mataram Lombok. Menurut sejarah, situs Taman Narmada dibangun pada tahun 1727. Setelah Indonesia merdeka, tempat ini mengalami beberapa pemugaran sebelum akhirnya diresmikan sebagai sebuah tempat wisata edukasi yang bersejarah.

Taman Narmada terdiri dari beberapa bangunan dengan arsitektur khas kebudayaan Hindu seperti balai pertemuan, petirtan (pemandian), pesarean (kamar tidur), pura, dan gapura. Udara sejuk ditambah beningnya air petirtan akan membuat wisata ke tempat ini terasa menyenangkan. Selain bisa melihat bangunan masa lampau, di sini Anda juga akan menemukan beberapa spot foto menarik.

Jadi sambil belajar tentang sejarah Mataram, kita bisa mengabadikan keindahan Taman Narmada untuk dijadikan buah tangan saat pulang ke kampung halaman. Taman ini berlokasi di Jalan Raya Narmada, Lombok Tengah dan buka mulai jam 8 pagi hingga 5 sore.

  1. Desa Sade

Desa Sade merupakan salah satu kawasan wisata di Lombok yang namanya cukup populer. Di desa ini pengunjung bisa melihat dari dekat kehidupan sehari-hari Suku Sasak yang merupakan warga asli Pulau Lombok. Sambil melihat kehidupan masyarakat Sasak yang sederhana, pengunjung juga bisa belajar membuat berbagai kerajinan tangan khas Lombok.

Keunikan Desa Sade adalah gaya hidup masyarakatnya yang masih memegang teguh adat istiadat nenek moyang sejak 600 tahun lalu. Jadi tidak heran jika di tempat ini, Anda hanya akan melihat rumah beratap alang-alang kering dengan lantai tanah liat. Pakaian penduduknya pun jauh dari kata modern.

Meskipun jaraknya tidak terlalu jauh dari kota, tetapi begitu menginjakkan kaki di Tanah Sade Anda akan disambut dengan jalanan tanah berbatu. Seru bukan? Desa Sade sendiri terletak di daerah Desa Rembitan, Lombok Tengah.

  1. Konservasi Penyu Gili Trawangan

Awalnya. Konservasi Penyu di Gili Trawangan dibangun sebagai langkah antisipasi untuk mencegah perburuan telur penyu liar dan melestarikan keberadaan hewan eksotis tersebut. Untuk meningkatkan rasa kepedulian terhadap pelestarian lingkungan, tempat ini pun dibuka menjadi kawasan wisata edukasi dan ramah lingkungan.

Di sini Anda bisa melihat dari dekat proses perkembangbiakan penyu hingga menjadi dewasa. Begitu dewasa, pengelola akan melepas penyu ke habitat aslinya yaitu lautan lepas. Selain melihat penyu, pengunjung juga bisa menikmati alam Gili Trawangan yang indah dan memesona.

Jadi, tertarik untuk mengeksplorasi Mataram? Jika iya, pastikan sebelum berangkat Anda sudah memesan penginapan. Untuk mencari hotel murah di Mataram, Anda bisa menggunakan aplikasi Airy Rooms yang dapat dipasang pada smartphone Android dan Apple.

Airy merupakan jaringan hotel terbesar dengan jumlah properti terbanyak di Indonesia. Jadi soal fasilitas, kita tidak perlu ragu. Karena setiap hotelnya dilengkapi dengan 7 jaminan fasilitas yang meliputi: kamar mandi ber-shower air hangat, tempat tidur bersih, AC, televisi layar datar, akses WiFi, air minum, serta toiletries gratis.

Untuk mempermudah pelanggan, Airy menyediakan dua macam metode pembayaran. Melalui transfer bank, atau kartu kredit. Jadi kapan pun dan di manapun Anda berada, memesan hotel Airy bukanlah perkara sulit.

3 Tempat Wisata Edukasi Seru di Mataram | nagademo | 4.5