4 Langkah Mudah Merawat Bayi Prematur di Rumah Agar Tumbuh Normal

By On Sabtu, September 29th, 2018 Categories : Kesehatan

4 Langkah Mudah Merawat Bayi Prematur di Rumah Agar Tumbuh Normal

Merawat Bayi Prematur

Banyak faktor yang membuat bayi lahir sebelum waktunya atau yang dikenal juga sebagai bayi prematur, entah itu karena penyakit ataupun yang lainnya. Informasi tersebut bisa Anda dapatkan di Guesehat. Situs yang menyajikan informasi lengkap terkait dengan kesehatan, kehamilan dan sebagainya. Sebenarnya kelahiran bayi secara prematur tentunya juga tak diinginkan oleh ibundanya, karena memang bayi yang lair sebelum waktunya lebih rentan terserang berbagai jenis penyakit.

Belum lagi dengan kondisinya yang masih terlalu lemah, sehingga terkadang beberapa bagian tubuh belum berfungsi secara sempurna. Untuk itulah Anda wajib tau bagaimana langkah merawat bayi yang lahir sebelum waktunya atau yang dikenal sebagai kelahiran premature ini sehingga mereka bisa tumbuh dan berkembang secara sempurna sebagaimana anak normal pada umumnya, diantaranya adalah:

  1. Sering-seringlah menggendong buah hati dengan metode kangguru, yaitu dengan cara menempelkan tubuh mereka ke tubuh Anda, dekapan ini akan membuat tubuh mereka menjadi jauh lebih hangat dibandingkan dengan sebelumnya. Jika suhu bayi selalu terjaga kehangatannya tentu menghindarkan mereka dari infeksi penyakit.
  2. Berikan buah hati ASI, dibandingkan dengan susu formula pemberian ASI ini jauh lebih dianjurkan, karena memang pada dasarnya kandungan nutrisi yang ada di dalamnya jauh lebih lengkap dan mudah dicerna oleh tubuh dibandingkan dengan susu formula, selain itu dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh mereka.
  3. Memastikan kondisi lingkungan mereka selalu bersih dan juga hangat, hal lainnya yang tak kalah penting untuk diperhatikan oleh orang tua, adalah menjaga tempat tidur atau kamar bayi selalu dalam kondisi yang bersih, sehingga menghindarkan mereka dari resiko terjangkit penyakit, juga membuat suhu ruangan tetap hangat.
  4. Cukupi kebutuhan tidur buah hati, bayi yang baru lahir memiliki jam tidur yang sangat panjang dan harus selalu terpenuhi, bukan tanpa alasan, melainkan digunakan untuk membuat kekebalan tubuhnya jadi lebih meningkat. Pastikan juga posisi tidur yang baik sehingga menghindarkan mereka dari resiko terkena SIDS.

Pastikan untuk selalu memantau perkembangan dan pertumbuhan tubuh mereka, contohnya adalah dengan menimbang berat badan secara teratur, dengan demikian memungkinkan bayi prematur yang sehat.

4 Langkah Mudah Merawat Bayi Prematur di Rumah Agar Tumbuh Normal | nagademo | 4.5