5 Cara Aman Jual Beli di Internet Agar Tidak Mudah Kena Tipu

5 Cara Aman Jual Beli di Internet Agar Tidak Mudah Kena Tipu



tips aman belanja online

Seperti yang kita ketahui saat ini bahwa situs e-commerce atau belanja online sudah semakin banyak. Dimana mereka semua membangun sebuah toko online yang menjual beragam jenis produk, baik jasa maupun barang. Namun di sisi lain sangat disayangkan sekali, masih ada segelintir orang yang memanfaatkan hal tersebut untuk keuntungannya sendiri.

Hal inilah yang membuat banyak orang enggan untuk belanja online karena mereka takut kena tipu. Padahal banyak sekali keuntungan dan keunggulan belanja online yang bisa didapat. Nah agar anda merasa nyaman dalam belanja online, berikut ini akan kami berikan beberapa cara aman belanja online. Dengan begitu anda tidak perlu takut lagi akan penipuan.

Cara Aman Belanja Online

cara aman belanja online

1.      Lakukan Riset Terhadap Situs Belanja Online

Hal pertama yang harus anda lakukan terlebih dahulu yaitu melakukan sebuah riset kecil terhadap situs belanja online. Anda bisa melakukannya dengan cara memeriksa nomor telepon si penjual lalu hubungi. Jika memang masih kurang meyakinkan, anda bisa mengetikkan nama website tersebut di pencarian Google.

Jika banyak konsumen yang mengeluh akan layanan tersebut, maka langkah terbaik yang harus anda ambil yaitu meninggalkan situs tersebut. Maka dari itu memilih sebuah situs yang sudah mendapat apresiasi positif dan kepercayaan masyarakat wajib untuk anda perhatikan. Salah satu situs aman belanja online menurut kami yaitu di Shopee.

2.      Lihat Kebijakan Situs Belanja Online Terhadap Data Pribadi

Hal ini juga tidak kalah penting untuk anda perhatikan, dimana anda harus memastikan bahwa tidak ada poin yang menyebutkan jika pengelola situs boleh memberikan data pribadi konsumen ke pihak lain. Selain itu anda harus membaca kebijakan pengembalian barang, karena memang belanja online sangat beresiko sekali terhadap barang yang rusak.

Untuk itu anda harus memastikan, apakah situs tersebut menyediakan garansi untuk barang yang cacat? Jika memang menyediakan barang garansi, maka situs tersebut bisa anda pilih sebagai rekomendasi untuk belanja online. Tapi perhatikan juga siapa yang membayar pengembalian barang tersebut.

3.      Periksa Paket Barang Dan Deskripsi Produk Dengan Baik

Cara aman belanja online selanjutnya yaitu anda harus memberikan paket barang dan membaca deskripsi produk dengan baik. Karena memang saat ini banyak orang yang menawarkan barang palsu dengan potongan harga yang besar. Maka dari itu anda tidak boleh terlena akan merek dan potongan harga yang besar.

4.      Jangan Mudah Tergoda Dengan Barang Yang Murah

Seperti yang sudah kami singgung diatas, jika saat ini terdapat segelintir orang yang memanfaatkan jual beli online untuk memperoleh keuntungan pribadi. Untuk itu ketika ada barang dengan harga yang murah, jangan mudah tergoda terlebih dahulu. Terlebih ketika situs tersebut meminta ID dan password tanpa izin dari pemilik email.

Biasanya yang sering melakukan hal tersebut adalah spammer, dimana mereka akan mengirimkan sebuah email yang seolah-olah datang dari perusahaan baik. Cara terbaik yang bisa anda lakukan yaitu masuk ke dalam situs resmi belanja online dari perusahaan tersebut dan lihat diskon akhir tahun yang sedang berlangsung, jangan sama anda belanja online masuk melalui email atau jendela pop-up.

5.      Pertimbangkan Cara Pembayaran Dan Simpan Bukti Pembayaran

Langkah yang terakhir dalam belanja online yang aman yaitu mempertimbangkan cara pembayaran dan menyimpan bukti pembayaran. Kebanyakan toko online saat ini menyediakan metode pembayaran melalui kartu kredit, ATM, M-Banking, dll. Pertimbangkan metode pembayaran mana yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan anda.

Nah setelah anda melakukan pembayaran, hal yang tidak boleh anda lupakan yaitu menyimpan bukti pembayaran. Karena memang hal ini sangat vital sekali terhadap barang yang akan anda beli, jika bukti pembayaran tersebut sampai hilang bisa saja anda tidak bisa mendapatkan barang tersebut.

Demikian ulasan lengkap mengenai cara aman belanja online agar tidak kena tipu. Pastikan bahwa anda memperhatikan cara diatas untuk belanja online yang nyaman.



You May Also Like

About the Author: Abu Hasan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *