6 Tips Mudah Untuk Merawat Mesin Penghancur Kertas

By On Kamis, Februari 21st, 2019 Categories : Tips & Trik

6 Tips Mudah Untuk Merawat Mesin Penghancur Kertas 6 Tips Mudah Untuk Merawat Mesin Penghancur Kertas.jpg

sumber: Shopee

Ketika melihat banyaknya tumpukan kertas atau tumpukan dokumen yang sudah tidak terpakai lagi pasti akan membuat pemandanganmu terganggu bukan? Apalagi jika ada salah satu dokumen penting yang memang harus dihancurkan agar kerahasiaannya terjaga. Maka dengan adanya sebuah mesin penghancur kertas sangatlah dibutuhkan, guys! Mesin penghancur kertas berfungsi untuk memusnahkan berbagai tumpukan kertas ataupun dokumen rahasia secara lebih mudah dan praktis. Dengan begitu ruangan akan kembali rapi dan privasi dokumen  tetap terjaga.

Sebagai sebuah benda yang tidak hanya memberikan banyak manfaat untuk para penggunanya, mesin penghancur kertas juga perlu perawatan agar tahan lama dan awet. Kenapa diperlukan perawatan? karena jika kamu rutin merawatnya maka mesin penghancur milikmu akan lebih tahan lama dan lebih awet. Nah, agar mesin penghancur kertas milikmu tetap awet dan tahan lama, yuk ikuti tips mudah untuk merawatnya.

  1. Rajin dan Rutin Membersihkan Mesin Penghancur Kertas

Nah, ini dia hal yang perlu kamu lakukan ketika ingin mesin penghancur kertas milikmu menjadi awet dan tahan lama kamu harus rajin dan rutin dalam membersihkannya. Untuk membersihkannya kamu hanya perlu memakai tisu atau lap kering, tapi perlu diingat jangan menggunakan lap yang basah untuk membersihkan sebuah mesin penghancur kertas. Karena jika kamu memakai sebuah lap yang sudah basah maka mesin penghancur kertas milikmu akan mudah berkarat hingga dapat menyebabkan mesin menjadi rusak atau macet.

  1. Berikan Pelumas Pada Mesin Penghancur Secara Rutin

Pada bagian ujung pisau yang ada di dalam mesin, kamu sebaiknya memberi pelumas secara rutin. Manfaat pelumas untuk mesin penghancur ini adalah agar pisau yang ada pada mesin tidak mudah berkarat. Sehingga hal ini bisa membuat mesin tidak macet ketika ingin kamu gunakan untuk pemotongan kertas penting.

  1. Cek Keadaan Mata Pisau Pada Mesin Penghancur Kertas

Mata pisau yang terdapat pada mesin penghancur kertas memiliki fungsi untuk memotong kertas yang telah dimasukan, jika mata pisau pada mesin tidak tajam atau puntul maka mesin akan menjadi macet sehingga hasil pemotongan tidak maksimal. Nah, untuk itu kamu harus sering melakukan pengecekan pada mata pisau. Kamu hanya perlu mengecek seminggu sekali jika merasa mata pisau sudah puntul dan kamu bisa segera melakukan pengasahan.

  1. Jangan Terlalu Banyak Memotong kertas

Ketika sedang memotong kertas sering sekali terjadi kesalahan karena kita kurang memperhatikan jumlah kertas yang dimasukan ke dalam mesin penghancur kertas dalam sekali potong saja. Karena kebanyakan pengguna memasukan kertas ke dalam mesin dengan jumlah yang melebihi batas maksimum pemotongan. Ideal dalam pemotongan kertas adalah 3 lembar dengan batas maksimum mencapai 7 lembar saja. Jadi mulai sekarang sebaiknya kamu harus lebih memperhatikan berapa lembar kertas yang akan kamu masukan dalam sekali potong guys!

  1. Cek Tempat Pembuangan Akhir kertas

Jika kamu selalu malas setiap kali ingin melakukan pengecekan pada tempat pembuangan kertas, maka akibatnya adalah mesin akan mengalami kemacetan parah saat kamu ingin mulai memotong kertas. Lalu akibat yang kedua jika kamu malas mengecek tempat pembuangannya maka sampah akan sangat sulit dikeluarkan pada tempat pembuangan akhir kertas. So, untuk tips yang satu ini memang sebaiknya selalu rutin kamu lakukan ya!

  1. Letakkan Mesin Pada Tempat Yang Benar

Nah, untuk tips yang kelima ini kamu harus meletakan mesin penghancur kertas di tempat yang benar. Usahakan jika kamu meletakannya dari tempat yang mengandung magnet ya! Agar mesin selalu awet dan terawat sehingga kinerja mesin penghancur kertas milikmu tetap memiliki kinerja yang baik.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Kaki Pecah Pecah Tanpa Obat

Itulah beberapa tips mudah untuk merawat mesin penghancur kertas yang bisa kamu lakukan secara rutin. Memiliki suatu barang yang awet dan terawat, namun kinerjanya tetap bagus memang bisa menjad kepuasan sendiri karena bisa menghemat biaya pengeluaran kita bukan? So, yuk selalu rawat barang – barang yang kamu miliki agar tetap awet dan terawat.

6 Tips Mudah Untuk Merawat Mesin Penghancur Kertas | Abu Hasan | 4.5