Anak Susah Makan? Hati-Hati Terkena Radang Tenggorokan

By On Senin, Oktober 23rd, 2017 Categories : Lifestyle

Anak Susah Makan? Hati-Hati Terkena Radang Tenggorokan

anak susah makan

Sebagai orang tua, kita pasti pernah mengalami kejadian dimana anak susah sekali untuk diajak makan. Berbagai alasan pun kerap mereka katakan, seperti tidak suka, tidak mau, tidak lapar, atau mogok makan sebagai ancaman karena menginginkan sesuatu. Tetapi, anak yang masih berusia balita biasanya belum mampu mengungkapkan apa yang dia rasakan dengan jelas. Bisa saja, saat anak susah makan, ia ternyata terkena radang tenggorokan hingga tak nyaman untuk makan. Jika iya, sebelum memberikan obat radang tenggorokan maka lakukanlah beberapa hal berikut ini.

Pertama, anak yang belum bisa mengatakan apa yang dia rasakan sebaiknya kitalah yang harus lebih peka. Lihat perilaku anak, apakah ia merasa kesulitan saat minum atau menelan makanan, apakah ia sering rewel dan menyentuh bagian tenggorokannya. Apakah ia demam dan menunjukkan gejala yang tak wajar? Jika iya segera bawa kedokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Kedua, jika benar anak anda susah makan karena radang tenggorokan. Pastikan jika anda selalu memperhatikan apapun yang mereka lakukan. Pasalnya, anak – anak meskipun sedang sakit, ia tetap menyimpan rasa penasaran terhadap makanan dan minuman yang dia lihat. Sehingga, mungkin ia “bandel” dengan mencoba makanan apa saja. Misalnya, melihat gorengan dia mau makan padahal dia tau kalau tenggorokannya pasti sakit menelan makanan tersebut.

Ketiga, jangan memberikan makanan dan minuman yang tidak bisa dikonsumsi anak selama sakit radang tenggorokan. Maka dari itu, sebisa mungkin jauhkan makanan dan minuman yang dipantang dari jangkauan penglihatan anak.

Keempat, berikan anak minum air putih lebih sering dan jika ingin memberinya makan. Berilah makanan yang aman dan dapat dikonsumsi dengan mudah. Misalnya, bubur dan makanan berkuah agar anak bisa lebih mudah menelan.

Selalu rutin memberikan obat radang tenggorokan pada anak untuk membantu proses penyembuhan sakitnya. Biarkan anak istirahat dirumah dan selalu berikan motivasi yang baik saat ia mengeluh kesakitan supaya anak tidak rewel atau menangis ketika sedang sakit, karena menangis bisa membuat tenggorokan lebih sakit lagi. Gunakan juga merk bedak bayi yang aman agar si kecil nyaman dan juga sehat.

Anak Susah Makan? Hati-Hati Terkena Radang Tenggorokan | nagademo | 4.5