Aneka Khasiat Lidah Buaya di Berbagai Hal

By On Minggu, November 5th, 2017 Categories : Lifestyle

Aneka Khasiat Lidah Buaya di Berbagai Hal

kasiat lidah buaya

Hampir semua orang tahu apa itu lidah buaya. Tanaman herbal yang telah dikenal sejak beribu-ribu tahun lalu ini memiliki tepian daun yang bergerigi serta gel bening pada bagian dalam daunnya. Gel inilah yang dikenal memiliki banyak manfaat, baik itu kesehatan maupun perawatan tertentu. Lebih spesifiknya, seperti apakah kasiat lidah buaya atau aloe vera ini?

  1. Di bidang kesehatan

Kasiat lidah buaya untuk keperluan kesehatan sangat beragam. Bagian tanaman lidah buaya bisa dimanfaatkan untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti diabetes, sariawan, luka bakar, herpes, eksim, sembelit, dan masih banyak lainnya. Untuk pengobatan tersebut, tanaman yang memiliki nama lain aloe vera ini bisa dimanfaatkan dengan cara dijadikan sebagai bahan obat luar atau dengan cara dikonsumsi.

Namun, untuk konsumsi, kalangan tertentu seperti ibu hamil atau ibu menyusui harus memperhatikan petunjuk ahli. Misalnya, lidah buaya yang dikonsumsi untuk mengobati sembelit tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil karena justru dapat memicu kontraksi rahim.

  1. Di bidang perawatan dan kecantikan

Selain bisa digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan, bagian tanaman lidah buaya juga bisa digunakan sebagai bahan perawatan alami untuk kulit, rambut, hingga gigi. Ketika dimanfaatkan untuk merawat kulit seperti kulit wajah, kimia alami dalam lidah buaya akan memberikan efek menyegarkan serta melembabkan kulit. Nutrisi aloe vera yang terserap ke jaringan kulit akan menyehatkan kulit dan mencegah masalah seperti jerawat dan komedo muncul di permukaan.

Apabila diaplikasikan pada rambut, tanaman yang kulit luarnya berbintik-bintik putih ini dapat membantu mengatasi masalah yang biasa terjadi pada rambut seperti mengoptimalkan pertumbuhan rambut, mengatasi rambut berminyak, memperkuat rambut, dan sebagainya. Selain itu, mereka yang memiliki masalah gatal pada kulit kepala juga bisa menggunakan gel lidah buaya untuk mengatasinya.

Berkaitan dengan gigi, lidah buaya bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan plak yang membuat gigi. Untuk mendapatkan kasiat lidah buaya tersebut untuk gigi, Anda bisa mengambil gel lidah buaya secukupnya lalu menghaluskannya dengan cara diblender. Selanjutnya, hasil blender gel tersebut digunakan untuk berkumur-kumur.

  1. Di bidang industri dan rumah

Tanaman yang mudah tumbuh di pekarangan ini juga memiliki banyak manfaat dalam industri dan rumah. Anda sendiri mungkin dapat menjumpai produk tertentu yang menggunakan lidah buaya dalam komposisinya. Hal ini karena kandungan dalam lidah buaya atau aloe vera dapat membersihkan kimia tertentu seperti benzene dan formaldehyde. Selain itu, kandungan dari tanaman yang dikenal sebagai tumbuhan abadi oleh masyarakat kuno Mesir ini dapat digunakan untuk mencerahkan suatu obyek seperti kaca atau lainnya.

Dari uraian di atas, bisa disimpulkan bahwa sebenarnya ada banyak kasiat lidah buaya yang masih atau hanya diketahui oleh beberapa orang. Setelah mengetahui berbagai manfaat di atas, Anda bisa memanfaatkan tumbuhan ini secara lebih maksimal, bukan?

Aneka Khasiat Lidah Buaya di Berbagai Hal | nagademo | 4.5