Bagaimana Cara Tumbuh Kembang Anak 2 Tahun yang Ideal

By On Kamis, Oktober 26th, 2017 Categories : Tips & Trik

Bagaimana Cara Tumbuh Kembang Anak 2 Tahun yang Ideal?

tumbuh kembang anak 2 tahun

Setiap anak memiliki cara tumbuh kembang yang berbeda-beda. Salah satu hal yang mempengaruhi tumbuh kembang si kecil adalah dari segi usia. Umumnya cara tumbuh kembang anak 2 tahun dipenuhi oleh rasa ingin tahu yang tinggi. Pada saat usia anak mencapai usia dua tahun, otak anak akan mulai bekerja secara aktif karena koneksi dari saraf-saraf yang baru dan memiliki jumlah yang tidak terbatas. Semakin baik tumbuh kembang si anak maka perkembangan otak anak untuk mempelajari segala sesuatu yang baru. Pada saat anak berusia dua tahun, anak mulai mempelajari tentang konsep keruangan seperti konsep jauh dekat ataupun atas dan bawah.

Dengan memiliki tumbuh kembang anak 2 tahun yang ideal, anak di usia emas ini akan mulai bisa diberikan instruksi untuk melakukan sesuatu, misalnya untuk memasukkan bola ke keranjang. Berikut beberapa perkembangan si kecil pada saat berusia dua tahun yang wajib untuk Anda ketahui:

  1. Pertumbuhan fisik anak

Proses tumbuh kembang yang pertama adalah dari segi fisik. Pertumbuhan fisik anak sangat tergantung pada bagaimana asupan nutrisi yang dikonsumsi. Pada usia ini, fisik anak jauh lebih tinggi dan akan semakin kuat. Tidak hanya itu, gigi pada anak juga mulai juga sudah mulai lengkap yakni berjumlah kurang lebih 16 buah.

  1. Perkembangan kognitif, motorik dan sensorik anak

Perkembangan tumbuh kembang anak usia 2 tahun tidak hanya berupa pertumbuhan fisiknya saja namun juga pada keterampilannya. Terdapat tiga keterampilan yang dimiliki oleh anak sejak kecil yaitu keterampilan kognitif, keterampilan motorik, dan keterampilan sensorik. Perkembangan ketiga keterampilan tersebut harus berjalan dengan baik sehingga anak bisa tumbuh dan berkembang dengan sangat baik.

Pada ranah keterampilan kognitif, anak mulai diajari oleh berbagai hal. Misalkan konsep jauh dekat, konsep berat ringan dan lain sebagainya. Dengan banyaknya kosa kata yang dimiliki membuat anak akan semakin aktif berbicara. Pada keterampilan motorik, anak akan mulai terlihat lebih aktif contohnya mulai berlarian namun tanpa merangkak atau menabrak benda.

  1. Perkembangan emosi si kecil

Perkembangan emosi si kecil juga akan semakin tumbuh, mulai dari yang suka menangis sampai saat si kecil marah. Karena pada usia ini belum bisa mengerti penuh dan akan marah apabila keinginannya tidak tercapai. Oleh sebab itu, sebagai orang tua Anda harus bersedia sure sudah aman,

Tidak banyak orang tua yang tahu bagaimana proses atau cara tumbuh kembang anak 2 tahun sehingga banyak orang tua yang salah memberikan penangan pada si kecil. kini setelah Anda tahu bagaimana cara pertumbuhan anak yang ideal, Anda bisa menerapkannya pada si kecil agar bisa tumbuh dengan sehat dan pintar.

Bagaimana Cara Tumbuh Kembang Anak 2 Tahun yang Ideal | nagademo | 4.5