Beragam Jenis Plank yang Patut Dicoba bagi Pemula

By On Selasa, Maret 5th, 2019 Categories : Kesehatan

Beragam Jenis Plank yang Patut Dicoba bagi Pemula

Beragam Jenis Plank yang Patut Dicoba bagi Pemula

Siapa sih yang tidak ingin memiliki tubuh proporsional? Tak hanya para pria yang terlihat maco dengan otot-otot kekar serta abs pada perutnya, wanita pun juga perlu memperhatikan bentuk otot tubuhnya supaya enak dipandang.

Sebenarnya, plank sendiri merupakan latihan otot sederhana yang dapat dilakukan dimana saja kapan saja tanpa peralatan khusus. Berbeda dengan gym yang harus membutuhkan teknologi canggih bahkan instruktur profesional. Memang capaian yang ingin diraih sebagian orang dengan melakukan plank adalah bentuk tubuh yang indah. Namun, terlepas dari manfaat estetis tersebut, plank mampu memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Misalnya saja untuk mengatasi sakit punggung, otot lemah, perut buncit, sampai tubuh yang kurang lentur.

Hal ini dikarenakan plank mampu membakar lemak pada tubuh sehingga sering dijadikan solusi efektif untuk program diet. Jadi selain dengan mengonsumsi minuman untuk diet alami seperti jus hijau untuk diet, wajib juga untuk terus workout.

Nah, bagi Anda para pemula yang ingin mencobanya dirumah, simak jenis jenis plank sederhana berikut ini!

High Plank

Diantara sekian jenis jenis plank yang ada, high plank atau full plank merupakan gerakan plank yang paling sederhana. Bagaimana cara melakukannya? Cukup mudah. Silakan cari tempat untuk melakukan posisi ini terlebih dulu. Usahakan berupa lantai yang datar. Kemudian letakkan kedua telapak tangan Anda dilantai tepat di bawah bahu. Jika bingung, lakukan gerakan seperti posisi push up. Tubuh diangkat termasuk perut dan lutut sehingga hanya bertumpu pada kedua telapak tangan dan kaki.

Posisi kepala lurus mengikuti punggung atau tidak mendongak maupun menunduk. Bayangkan seolah punggung Anda tengah mempertahankan garis lurus dari ujung kaki ke ujung kepala sehingga tidak boleh bergerak. Sebagai permulaan, lakukan high plank selama beberapa detik (10 detik atau 15 detik) lalu istirahat sebentar. Baru ulangi lagi gerakan tersebut seperti awal.

Knee Plank

Memang gerakan high plank adalah yang paling tradisional. Namun bukan berarti banyak orang mampu melakukannya. Masih saja ada yang merasa kesulitan. Nah, bagi Anda yang belum sanggup melakukannya, silakan coba dulu dengan gerakan knee plank. Ya, knee plank merupakan modifikasi dari high plank yang mudah dilakukan. Sesuai namanya, maka knee plank ini bertumpu pada otot lengan tangan tangan dan lutut. Tapi, tetap usahakan posisi tubuh lurus termasuk kepalanya.

Elbow Plank

Latihan otot selanjutnya yang lebih sulit dari high plank adalah elbow plank. Pada gerakan ini akam diuji posisi tubuh benar-benar lurus atau melengkung baik ke atas maupun ke bawah. Gerakan ini hampir mirip dengan high plank, hanya saja tubuh bertumpu pada lengan bawah dan kaki. Tetap usahakan tubuh dalam posisi lurus dan tahan selama beberapa detik.

Elbow Plank with One Raised Leg

Sudahkah Anda mencoba gerakan ini? Susah atau mudah?

Bagi Anda yang masih dalam tahap pemula pasti mengira gerakan ini sulit. Padahal, mudah kok. Elbow plank with one raised leg ini pada dasarnya merupakan gerakan modifikasi elbow plank. Hanya saja, plank ini tak hanya mempertahankan posisi tubuh tetap lurus, tapi juga keseimbangan karena salah satu kaki diangkat. Lakukan gerakan ini selama beberapa detik dan bergantian dengan salah satu kaki yang diangkat. Dijamin, Anda akan langsung mandi keringat.

Nah, itulah jenis-jenis plank sederhana yang dapat Anda lakukan biar tubuh tetap sehat. Apabila olahraga plank tersebut rutin dilakukan, dijamin tubuh Anda akan lebih ideal dan berotot. Selamat mencoba!

Beragam Jenis Plank yang Patut Dicoba bagi Pemula | Abu Hasan | 4.5