Cara Mudah Memperbaiki Aki Kering Motor Berkualitas

By On Sabtu, September 15th, 2018 Categories : Tips & Trik

Cara Mudah Memperbaiki Aki Kering Motor Berkualitas

Memperbaiki Aki Kering Motor

Dalam mendapatkan aki kering motor berkualitas tidaklah mudah. Sekarang ini memang tidak bisa dipungkiri akan perkembangan dari aki. Pada dasarnya aki kering merupakan sebuah sumber daya listrik yang biasanya digunakan baik dalam kendaraan mobil ataupun motor. Di dunia otomotif aki kering biasanya disebut dengan MF Battery. Di bandingkan dengan aki basah, atau yang menggunakan air, aki kering terbilang mempunyai banyak kelebihan. Orang yang memilih aki kering lebih cenderung dipermudah dalam hal perawatannya. Memang aki kering mudah untuk merawatnya karena tidak harus menambahkan air aki. Tidak hanya itu saja, di dalam penggunaannya tepatnya ketika meletakannya bisa lebih bebas. Kalau aki basah biasanya harus dalam keadaan tegak agar tidak terjadi masalah nantinya. Kalau aki kering, anda letakan miring sekalipun tidak menjadi sebuah masalah.

Sehubungan dengan fungsinya sendiri, aki kering ataupun basah sebenarnya tidak jauh berbeda. Kapasitas dari aki sendiri berbeda beda, tetapi yang berpengaruh adalah efisiensi dalam penggunaan aki tersebut. Akan tetapi, kalau anda bandingkan dengan aki basah. Aki kering motor berkualias punya keunggulan tersendiri. Lantaran, terbuat dari bahan yang khusus dan akan tahan lama dan bebas dari korosi. Makanya kalau anda bisa melihat di pasaran, harga aki kering terbilang lebih mahal dari aki basah. Sebenarnya hal tersebut menjadi sangat wajar, apalagi kalau dilihat dari segi kualitas. Isilah bahwa harga akan berbanding lurus dengan kualitas merupakan hal yang bisa dibilang benar. Namun, yang mesti menjadi perhatian ketika membeli adalah masalah kualitas dari aki kering motor yang ditawarkan. Banyak pedagang nakal yang bisa membuat anda mengalami kerugian akibat salah dalam membeli aki kering.

Saat anda sudah membeli dan mendapatkan aki kering motor berkualitas. Perlu dipahami pula bagaimana cara dalam memakainya serta memperbaiki ketika ada masalah. Perawatan aki kering motor memang harus menjadi perhatian anda. Harga beli yang mahal, seharusnya anda perlu memperhatikan perawatan agar aki bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. Kalau anda ingin melakukan perbaikan terhadap aki kering yang dimiliki. Maka anda perlu untuk menyiapkan alat serta bahan untuk melakukannya. Sangat mudah menemukan alat serta bahan tersebut. Bahkan anda mudah sekali untuk mendapatkannya. Alat dan bahan yang dimaksud mulai dari cairan accu, obeng. Lem plastik, suntikan plastik, dan kain lap. Bahan yang sudah anda siapkan tadi  akan digunakan semuanya. Jadi anda jangan sampai tidak mempersiapkan bahan yang telah disebutkan tadi. Untuk suntikan plastik, anda bisa memakai suntikan bekas mengisi tinta printer atau suntikan bekas lainnya. Karena hanya akan digunakan untuk mengisi cairan aki.

Setalah hal tesebut dipersiapkan, anda bisa langsung melakukan langkah dalam memperbaiki aki kering motor berkualitas. Langkah yang pertama dilakukan ialah dengan membongkarnya terlebih dahulu. Sebelum anda membongkar, sebaiknya dibersihkan luar aki dari berbagai kotoran yang menempel. Anda bisa memakai kain lap untuk membersihaknnya. Baru kemudian anda membukanya dengan menggunakan obeng sayng sudah dipersiapkan. Anda bisa mencongkel bagian tutup sampai terbuka. Ingat lakukan dengan hati-hati agar tidak pecah atau rusak. Bila mengalami kerusakan maka sulit untuk menggantinya. Anda harus membeli yang baru. Lantaran spart part dari aki kering tidak bisa anda dapatkan. Mekipun kalau anda orang yang kreatif. Bisa melakukan modifikasi, namun butuh waktu yang relative lama untuk melakukannya dan tidak efektif.

Langkah berikutinya anda suntikan air aki pada aki yang sudah terbuka. Akan tetapi, sebelum anda melakukan hal tersebut anda sebaiknya memeriksa kapasitas dari air yang ada di dalam aki kering motor berkualitas tadi. Jangan sembarangan mengisinya, bahkan kalau bisa jangan sampai penuh. Ada batasan yang harus anda ikuti. Isi yang standar ialah hampir penuh tetapi memiliki jarak 1 cm dari tutup aki tersebut. Usahakan lakukan pengisian sesuai dengan standar yang telah diberikan. Baru kalau seluruhnya sudah terisi sampai penuh anda harus mengembalikan tutupnya dengan rapat. Ingat pada bagian tutup ada karet agar air yang ada di dalamnya tidak tumpah. Tidak boleh anda melupakan hal tersebut.

Hal terakhir yang harus anda lakukan ialah mengisi daya atau tegangan listrik yang terdapat dalam aki kering motor berkualitas tadi. Proses dan tahapan yang dilakukan untuk pengisian sangatlah mudah. Kalau and pernah melakukan cas hp, maka caranya hampir sama. Hanya jasa alat yang digunakan berbeda. Sebenarnya anda tidak harus melakukan hal tersebut sendiri. Mungkin karena keterbatasan alat anda tidak bisa melakukannya. Namun, anda bisa langsung datang ke bengkel dan melakukan pengisian yang terdapat di tempat tersebut. Itulah cara yang bisa dilakukan dalam memperbaiki aki kering. Cukup mudah bahkan anda bisa melakukan sendiri.

Cara Mudah Memperbaiki Aki Kering Motor Berkualitas | nagademo | 4.5