Ciri-Ciri Pinjaman Online Terbaik dan Paling Aman

By On Kamis, Maret 28th, 2019 Categories : Lifestyle

Ciri- Ciri Pinjaman Online Terbaik dan Paling Aman

CekAjaPinjamanOnlineSEOBanner

Saat ini, pinjaman online menjadi salah satu solusi untuk sebagian orang yang membutuhkan dana yang cukup banyak dalam waktu yang mendesak. Peminjaman online ini banyak dipilih sebab prosesnya jauh lebih praktis dan juga lebih cepat dari pada melakukan pinjaman uang di Bank. Bahkan untuk pengajuan pinjaman bisa dilakukan lewat aplikasi yang ada di smartphone anda. Namun, selain kemudahan yang ditawarkan juga ada resiko yang harus anda terima. Misalnya saja tingginya bunga yang dikenakan. Untuk pinjaman online biasanya akan mematok bunga secara harian. Kemudian, jika tidak berhati-hati anda juga bisa tertipu dalam hal pinjaman online ini.

Ciri-Ciri Pinjaman Online yang Aman

Saat ini sudah banyak terjadi penipuan yang berkedok pinjaman online. Maka dari itu, hal ini harus diwaspadai sebelum anda semua memutuskan untuk meminjamnya. Modus penawaran pinjaman online yang langsung cair dilakukan memakai nomor atau alamat email pribadi yang mengatasnamakan bank atau lembaga tertentu. Yang mana, penawaran tersebut dilakukan lewat telepon, SMS, atau lewat email. Dan selanjutnya meminta sejumlah uang untuk syarat biaya administrasi atau biaya layanan. Sedangkan di pinjaman online yang terpercaya, biasanya biaya tersebut dipotong dari dana pinjaman, dan tidak dibayar di muka oleh peminjam.

Menggunakan layanan pinjaman online memang termasuk salah satu solusi saat ada biaya yang mendesak. Tapi semua itu harus dilakukan dengan teliti dan juga waspada agar anda semuanya tidak menjadi salah satu korban penipuan.  Nah, apabila anda sekarang ini sedang mencari pinjaman online terbaik, aman, dan terpercaya, anda bisa memilih penyedia pinjaman online yang  memiliki ciri-ciri seperti berikut ini.

  1. Lembaga Pinjaman Terdaftar Pada OJK

Sebelum anda melakukan pinjaman online, pastinya lembaga pinjaman online tersebut sudah terdaftar dan berada di bawah naungan OJK. OJK dengan berkala akan mengumumkan daftar penyelenggara fintech yang legal dan ilegal.  Supaya lebih aman, anda semua bisa mengecek sendiri legalitas lembaga pinjaman online yang akan anda pilih dengan mengunjungi situs resmi dari OJK. Atau hubungi call center OJK di nomor 157

  1. Bunga yang Dikenakan Wajar

Banyak pihak pinjaman online yang memasang tarif bunga pinjaman sampai dua persen per hari. Jadi bisa lebih dari setengah uang yang dihutang. Lembaga pinjaman online aman dan terpercaya akan mengenakan bunga yang masih wajar. Rata-rata bunga pinjaman di bank yaitu dari 0,7 sampai dengan 2 persen per bulan. Sehingga, jika anda menjumpai pinjaman online dengan bunga harian yang ada di atas satu persen, lebih baik anda beralih ke pinjaman online yang lainnya.

  1. Mempunyai Alamat Kantor yang Jelas

Penyedia pinjaman online resmi pastinya mempunyai alamat kantor yang jelas. Pada umumnya, alamat kantor dan nomor telepon yang dapat dihubungi juga dicantumkan dalam situs resmi dari penyedia pinjaman online. Selanjutnya, apabila penyedia pinjaman online tersebut alamatnya tidak jelas, bisa jadi lembaga tersebut ilegal yang harus anda waspadai.

  1. Memiliki Situs dan Email Resmi

Jika ada penawaran pinjaman uang tunai yang diberikan dengan lewat SMS atau pesan di Whatsapp sebaiknya anda tidak mempercayainya. Sebab, sangat dimungkinkan jika penyedia pinjaman tersebut tidak resmi, dan berpotensi penipuan.  Terlebih lagi apabila penyedia pinjaman tersebut juga tidak mempunyai situs dan email resmi. Situs penyedia pinjaman online resmi untuik masalah keamanannya pastinya sudah terjamin.

Paling tidak, situs resmi diawali dengan “https”, dan tidak “http”.  Dan ini merupakan pertanda jika situs tersebut memakai protokol SSL (socket secure layer) yang sudah menyiapkan proses enkripsi dalam pertukaran data. Tujuannya yaitu supaya bisa mencegah terjadinya pencurian serta penyadapan data pengguna. Tak hanya itu saja, email yang dipakai juga email resmi perusahaan.

  1. Transparan Tentang Mekanisme Peminjaman

Untuk penyedia pinjaman online terbaik, terpercaya, dan juga aman pastinya tidak akan ragu lagi untuk menjelaskan seperti apa mekanisme peminjaman online tersebut. Misalnya saja termasuk batas pelunasan, suku bunga, serta masalah simulasi cicilan. Karena, OJK menetapkan jika setiap penyelenggara fintech wajib untuk bisa transparan kepada debitur tentang mekanisme dan prosedur peminjaman. Sehingga , debitur tidak akan merasa dirugikan sebab sudah tau apa saja risiko dari transaksi yang mereka lakukan.

  1. Memeriksa Riwayat Kredit Calon Debitur

Anda semua harus waspada apabila ada penyedia pinjaman yang langsung meloloskan pengajuan kredit. Karena pihak penyedia pinjaman online yang baik akan selalu berhati-hati di dalam memberikan dana pinjaman. Penyedia pinjaman online yang sudah terpercaya pastinya akan  melakukan pemeriksaan melalui SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) OJK di dalam menyeleksi calon debitur yang layak untuk menerima dana pinjaman.

  1. Layanan Nasabah Mudah Dihubungi

Penyedia pinjaman online terpercaya juga mempunyai layanan nasabah yang responsif. Sehingga, sebagai seorang nasabah anda dapat memperoleh bantuan dengan respon cepat ketika terjadi kendala.  Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang fasilitas pinjaman yang anda perlukan di layanan nasabah ini.

 

Memilih penyedia pinjaman online yang terpercaya memang sangat penting anda lakukan. Sebab, jika anda salah memilih, maka anda yang akan dirugikan. Nah, untuk mendapatkan pinjaman online yang terpercaya dan pasti aman, anda bisa temukan di https://www.cekaja.com/kredit/pinjaman-online .

Ciri-Ciri Pinjaman Online Terbaik dan Paling Aman | Abu Hasan | 4.5