Ketahui Penyebab Bau Ketiak dan Cara Menghilangkannya

Ketahui Penyebab Bau Ketiak dan Cara Menghilangkannya



Ketahui Penyebab Bau Ketiak dan Cara Menghilangkannya

Pernahkah mengalami bau badan yang tak sedap, terutama pada ketiak? Tentu hal ini akan membuat Anda merasa tak nyaman, saat berada di sekitar banyak orang atau sebaliknya. Banyak yang mengira kalau bau ini berasal dari keringat yang keluar dari tubuh, padahal keringat manusia tak memiliki bau. Lantas apa yang menyebabkan timbulnya bau pada ketiak? Dan bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasan berikut ini, mengenai penyebab dan bagaimana cara menghilangkan bau ketiak secara permanen sehingga wajib Anda coba.

Penyebab Serta Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Permanen yang Wajib Diketahui

Pada lapisan kulit manusia terdapat 2 kelenjar yaitu apokrin dan ekrin, yang berfungsi untuk mengatur suhu tubuh agar tetap normal. Saat suhu tubuh mulai panas, maka kedua kelenjar akan mengeluarkan keringat untuk mendinginkannya. Kelenjar apokrin yang terdapat di area ketiak, akan mengeluarkan keringat yang mengandung banyak air, dan sulit diurai. Sehingga area ketiak akan lembab, dan menyebabkan bakteri penyebab bau berkembang dengan cepat. Oleh sebab itu ketiak sering mengalami bau yang tak sedap. Selain itu, memiliki kebiasaan yang buruk juga bisa menyebabkan ketiak berbau, seperti merokok, minum minuman beralkohol, kelebihan berat badan, dan mengalami setres. Lalu bagaimana cara menghilangkan bau ketiak tersebut? Simak cara berikut.

  1. Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Cara pertama yang bisa Anda coba, adalah dengan memperbanyak konsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Anda bisa konsumsi buah-buahan atau sayuran hijau, karena kedua makanan tersebut bisa mengurangi keringat yang berbau. Selain itu makanan bergizi juga bisa membunuh kuman atau zat pada usus, yang dapat memicu timbulnya bau badan dan ketiak. Karena usus memiliki peran penting pada bau yang ditimbulkan badan dan ketiak.

  1. Rutin Berolahraga

Salah bisa membuat tubuh Anda bugar, rutin berolahraga juga bisa menjadi cara menghilangkan bau ketiak yang tak sedap. Karena keringat setelah berolahraga mampu membunuh kuman dan bakteri yang terdapat pada pori-pori kulit Anda, dengan begitu ketiak tak akan memunculkan bau tak sedap.

  1. Menjaga Kebersihan Tubuh

Agar badan atau ketiak tak berbau, Anda bisa mencegahnya dengan menjaga kebersihan tubuh. Karena tubuh yang kotor, bisa membuat bakteri yang muncul akan menumpuk pada sel kulit mati. Anda bisa menjaga kebersihan tubuh dengan rajin mandi menggunakan sabun yang mengandung mint atau antiseptik. Selain itu  mengeringkan tubuh setelah mandi juga penting, untuk mencegah berkembangnya bakteri pada ketiak yang lembab. Selain tubuh, Anda juga harus memperhatikan kebersihan dan jenis pakaian yang akan dikenakan. Anda bisa memilih pakaian yang terbuat dari serat alami, seperti katun.

  1. Hindari Konsumsi Obat Tertentu

Meskipun berbau normal, namun jika keringat diproduksi berlebihan maka juga bisa menjadi penyebab munculnya bau tak sedap pada ketiak. Hal ini biasanya disebabkan karena mengkonsumsi obat-obatan tertentu, yang memiliki efek samping meningkatkan produksi keringat. Oleh sebab itu hindari konsumsi obat tertentu, atau Anda bisa ke dokter untuk meminta resep obat yang tak memiliki efek samping seperti diatas.

  1. Rajin Pakai Deodoran

Cara menghilangkan bau ketiak menggunakan deodorant, sudah sering kali dilakukan meski terkadang bau tak sedap ketiak masih bisa tercium. Oleh sebab itu pemilihan jenis deodorant juga harus dilakukan, pilihlah deodorant dengan kandungan antiperspirant. Karena selain bisa mengurangi keluarnya keringat penyebab bau, kandungan ini juga bisa menghilangkan bau tak sedap pada ketiak.

Nah itulah penjelasan tentang penyebab dan bagaimana cara menghilangkan bau ketiak secara permanen. Cobalah terapkan salah satu caranya, dan hindari penyebab-penyebabnya. Agar Anda tak mengalami ketiak yang berbau tak sedap. Selamat mencoba.



You May Also Like

About the Author: Abu Hasan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *