Mengenal Sosok Ma’ruf Amin Lebih Jauh Lagi

Mengenal Sosok Ma’ruf Amin Lebih Jauh Lagi

Mengenal Sosok Ma'ruf Amin Lebih Jauh Lagi

Ma’ruf Amin merupakan sebuah nama yang akhir-akhir ini sering kita dengar. Namanya sering bergaung di berbagai media baik cetak dan juga elektronik. Bahkan sudah menjadi bahan perbiancangan di mana saja. Sebelumnya sosok ini memang sudah cukup terkenal. Beliau merupakan salah satu tokoh yang memiliki pengaruh besar di bidang keagamaan. Sebelumnya nama Ma’ruf Amin merupakan seorang tokoh ulama yang memiliki jabatan sebagai ketua di Majelis Ulama Indonesia atau seringkali lebih dikenal dengan nama MUI. Lahir di Kresek, Tangerang pada tanggal 11 Maret 1943. Masa itu Indonesia masih dalam Masa Pendudukan Jepang.

Ma’ruf amin dan jejak kariernya

Ma’ruf Amin sendiri di tahun 2019 rupanya namanya menjadi semakin viral karena beliau menjadi calon wakil presiden dan memutuskan akan mendampingi pertahanan Joko widodo. Seperti yang kita tahu jika pada pesta demokrasi tahun 2019 ini ada dua pasangan calon presiden dan juga wakil presiden. Kubu dengan nomor satu diduduki oleh pasangan Calon Presiden Joko Widodo yang kembali mencalonkan diri didampingi oleh Calon Wakil Presiden Ma`ruf Amin. Sedangkan mengusung nomor dua pada pilpres tahun 2019 ini adalah calon presiden Prabowo Subianto yang berpasangan dengan Calon Presiden Sandiaga Uno. Dan pemilihan presiden ini akan dilaksanakan serentak pada Rabu, 17 April 2019 mendatang.

Ma’ruf Amin sebelum memutuskan untuk menjadi calon wakil presiden mendampingi Joko Widodo sudah banyak berkiprah di dunia politik. Pengalamannya juga cukup banyak. Diketahui beliau pernah menduduki kursi sebagai Anggota Dewan Pertimbangan Presiden dalam bidang kehidupan beragama sejak tahun 2007 hingga tahun 2010. Kemudian kembali menjabat di kursi yang sama hingga tahun 2014. Beliau juga pernah berkiprah di bidang badan legislatif. Jejaknya menjadi anggota DPRD DKI Jakarta atas nama utusan golongan sejak tahun 1971 hingga tahun 1973. Kemudian beliau sering terlibat dalam organisasi politik cukup banyak seperti menjadi Ketua Fraksi Utusan Golongan DPRD DKI Jakarta, kemudian juga pernah menjadi anggota DPR RI dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sejak tahun 1973 hingga tahun 1977, selanjutnya menjadi Ketua Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) DPRD untuk wilyah DKI Jakarta, Anggota DPRD DKI Jakarta dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP)  dan menjabat sejak tahun 1977 hingga tahun 1982 dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ma’ruf Amin sekilas tampak memiliki pengaruh yang cukup besar dari kalangan ulama karena jabatan beliau sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia. Namun masih terlalu cepat dan tampak gegabah jika kita memiliki prediksi dan menganggapnya sudah final. Bahkan meski hingga kini sudah diberlakukan survey yang dilakukan oleh LSI namun sebenarnya bukan menjadi sebuah jawaban final karena apapun bisa terjadi sebelum Rabu, 17 April 2019 mendatang.

Ma’ruf Amin mendampingi kubu Joko Widodo nomor urut satu tentu memiliki berbagai macam pengalaman berorganisasi yang cukup banyak. Bahkan beliau juga pernah mendlami bidang pendidikan sebelum menjadi ketua Majelis Ulama Indonesia. Semua pasangan memiliki kelebihan mereka masing-masing yang harus dipertimbangkan masak-masak oleh setiap masyarakat. Karena Indonesia memiliki berbagai macam lapisan masyarakat dan juga profesi yang bisa menjadi kesimpulan jika setiap orang memiliki kepentingan mereka masing-masing. Sehingga tidak baik jika kita memaksakan kehenddak kita kepada orang lain dan juga akan sangat bertentangan dengan asas Pemilu yang dianut oleh negara Indonesia sejak lama LUBER dan JURDIL.

You May Also Like

About the Author: Abu Hasan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *