Penyebab Bau Ketiak dan Cara Menghilangkannya

Penyebab Bau Ketiak dan Cara Menghilangkannya
Penyebab Bau Ketiak dan Cara Menghilangkannya

Ketiak merupakan salah satu bagian tubuh yang paling sering mengeluarkan bau tidak sedap karena berada di area tertutup. Terutama saat musim kemarau dimana produksi keringat meningkat membuat area tersebut semakin lembab dan bau. Bau ketiak harus segera dihilangkan karena dapat membuat seseorang kehilangan kepercayaan diri. Aktivitas dengan orang lain terasa tidak nyaman karena takut mereka akan mencium bau ketiak tersebut. Untuk menghindarinya, Anda harus mencari tahu apa penyebab dan bagaimana cara menghilangkan bau ketiak agar bisa kembali percaya diri.

Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Ketiak

Pada umumnya, bau ketiak terjadi akibat keringat yang bercampur dengan bakteri di area tersebut. Meskipun mayoritas orang pasti mengeluarkan keringat saat beraktivitas, namun tidak semua mengalami masalah bau ketiak. Ada beberapa hal mengenai pola hidup Anda yang bisa menyebabkan bau pada ketiak. Selengkapnya di bawah ini adalah penyebab dan cara menghilangkan bau ketiak yang harus Anda ketahui:

  1. Mengkonsumsi Makanan yang Menyebabkan Bau Ketiak

Ternyata ada beberapa jenis makanan yang jika dikonsumsi bisa menyebabkan bau ketiak. Makanan tersebut diantaranya adalah kunyit, bawang, makanan yang sangat pedas, serta makanan yang menggunakan santan. Gas sulfur yang ada di dalam makanan-makanan tersebut dapat menyebabkan aroma tidak sedap. Anda harus menghindari makanan tersebut sebelum aktivitas padat atau olahraga yang menghasilkan banyak keringat. Disamping makanan, minuman yang mengandung kafein juga dapat menyebabkan bau badan. Selain menghindari makanan dan minuman yang menyebabkan bau ketiak, mengkonsumsi makanan sehat seperti ikan, sayur, dan buah juga dapat menghilangkan bau tersebut.

  1. Tidak Menjaga Kebersihan Tubuh

Upaya menghilangkan bau ketiak dengan menghindari makanan di atas akan percuma jika Anda tidak menjaga kebersihan tubuh dengan baik. Bakteri penyebab keringat berbau yang bersarang di ketiak tidak akan pernah muncul jika Anda rajin membersihkan tubuh. Minimal Anda harus mandi 2 kali sehari dengan sabun antibakteri, jangan lupa untuk mengeringkan tubuh dengan benar karena tubuh yang lembab dapat menjadi sarang bakteri.

  1. Lupa Ganti Baju Setelah Beraktivitas

Terkadang seseorang yang mengalami bau ketiak disebabkan karena malas ganti baju. Meskipun Anda sudah mandi bersih dengan sabun antibakteri, namun jika tidak ganti baju pasti ketiak akan tetap menimbulkan bau. Bakteri dan keringat yang menyebabkan bau sudah menempel pada baju Anda sehingga bau tidak akan hilang. Jadi Anda harus ganti baju sesering mungkin jika produksi keringat yang dimiliki berlebih. Selain itu, gunakan baju yang mudah menyerap keringat agar bau badan bisa dihilangkan.

  1. Salah Menggunakan Deodorant

Deodorant berfungsi untuk menghilangkan bau ketiak, namun jika salah memilih deodorant malah bisa menyebabkan bau tetap tercium. Deodorant yang dianjurkan adalah yang memiliki kandungan aluminium chloride. Fungsi dari senyawa tersebut adalah untuk menjaga ketiak tetap kering karena dapat mencegah produksi keringat berlebih.

  1. Berat Badan Berlebihan

Orang dengan berat badan berlebih memiliki beberapa bagian tubuh dengan lemak bertumpuk. Bagian tubuh tersebut kemudian menjadi area yang paling banyak mengeluarkan keringat sehingga menjadi lembab termasuk ketiak. Olahraga secara rutin dapat membantu menghilangkan bau pada ketiak. Meskipun mengeluarkan keringat, namun olahraga dapat mengurangi lemak karena proses detoksifikasi.

Itulah 5 penyebab timbulnya bau ketiak dan cara menghilangkannya. Yang terpenting ketika ingin menghilangkan bau ketiak adalah selalu menjaga kebersihan tubuh karena sumber utama timbulnya bau adalah bakteri. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda mendapatkan tubuh yang lebih sehat dan lebih wangi sehingga percaya diri dalam menghadapi aktivitas sehari-hari.

You May Also Like

About the Author: Abu Hasan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *