Penyebab Lidah Terasa Pahit Saat Sedang Sakit

By On Selasa, Januari 3rd, 2017 Categories : Kesehatan
lidah pahit

lidah pahit

Nagademo.com – Apakah kalian pernah merasakan lidah terasa pahit pada saat sedang sakit dan juga nafsu makan kita akan berkurang, hal ini mungkin bisa di jelaskan di bawah ini.

Dalam sebuah penelitian, penyebab lidah menjadi terasa pahit saat sakit disebutkan adalah karena indera pengecap itu menjadi lebih sensitif dan peka terhadap rasa pahit.

Protein itu dibutuhkan untuk membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh, dan melawan penyebab penyakit semisal virus atau bakteri tertentu.

Karena tingginya kadar protein TNF-α, maka indera pengecap jadi terganggu fungsinya dan lebih sensitif terhadap rasa pahit. Itulah mengapa saat sakit, umumnya sakit yang dipicu oleh virus influenza, infeksi bakteri streptokokus, atau sakit malaria dan lainnya maka Anda akan kehilangan selera makan karena lidah terasa pahit.

Penelitian yang hasilnya telah diterbitkan dalam jurnal Brain, Behavior, and Immunity tersebut juga mengatakan bahwa saat sedang mengalami peradangan atau infeksi maka ada jenis protein tertentu (TNF-α) di tubuh yang jumlahnya meningkat.

untuk mengatasi hal ini, kalian bisa coba beberapa tips yangada di bawah ini.

Jeruk

Jeruk bisa dikonsumsi airnya, atau Anda makan begitu saja sebagai buah pencuci mulut. Rasa asam manisnya bisa memicu liur berproduksi lebih banyak dan menghilangkan rasa pahit di lidah. Semoga bermanfaat.

Makan porsi kecil

Konsumsi makanan bergizi dengan porsi kecil saja, namun sering. Misalnya setiap 2-3 jam sekali makanlah buah, bubur, atau sayur berkuah. Ini mempermudah Anda untuk menelan dan tubuh menyerap makanan.

Tambah penyedap

Penyedap makanan disini maksudnya adalah yang mampu menimbulkan selera makan. Misalnya minum teh jahe, lada pedas di sayuran, atau rempah lainnya pada makanan.

demikianlah artikel yang di tulis hari ini dan tunggu lagi artikel berikutnya.

 

Penyebab Lidah Terasa Pahit Saat Sedang Sakit | nagademo | 4.5