tips liburan ke Bali murah meriah ala backpacker

By On Minggu, September 11th, 2016 Categories : travel

Perjalanan Jakarta – Bali gaya backpacker membutuhkan waktu sekitar 18 jam termasuk istirahat, makan dan lainnya. Dari Jakarta, pilih kereta ekonomi jurusan Jakarta – Yogyakarta, naik dari stasiun Pasar Senen dan turun di stasiun Lempuyangan. Lama perjalanan sekitar 8-10 jam. Harga tiket kereta paling murah Rp 120.000.

Nah, liburan ke Bali dari Jakarta dengan cara backpacker bisa dengan menggunakan kereta api, bis, kapal ferry, dan bahkan ojek. Anda yang ingin mencoba menjadi backpacker, berikut ini tips-nya dengan contoh perjalanan Jakarta-Bali.

Pilihlah jam keberangkatan pukul 20.00 atau 21.00 sehingga sampai stasiun Lempuyangan sekitar pukul 06.00. Dari Yogyakarta, Anda melanjutkan perjalanan ke Banyuwangi dengan menggunakan KA Sri Tanjung jurusan akhir stasiun Banyuwangi.

Sri Tanjung berangkat pukul 07.00 pagi. Waktu tempuh perjalanan Yogyakarta-Banyuwangi sekitar 6 jam. Harga tiketnya paling murah Rp 110.000. Ingat, harga bisa sewaktu-waktu berubah.

Anda akan sampai di stasiun Banyuwangi sekitar pukul 22.00. Istirahatlah sejenak. Selanjutnya, perjalanan backpacker Anda ke Bali akan dimulai dari pelabuhan Ketapang yang jaraknya hanya sekitar 200 meter dari terminal seehingga tidak terlalu jauh ditempuh dengan berjalan kaki.

Dari pelabuhan Ketapang perjalanan dilanjutkan dengan kapal laut fery dengan tarif hanya Rp 10.000. penyeberangan Banyuwangi – Gilimanuk Bali membutuhkan waktu 30 menit sampai 45 menit.

Sesampai di pelabuhan Gilimanuk biasanya ada pemeriksaan KTP, jadi jangan lupa membawa KTP. Meski sebagai backpacker, Anda harus selalu siap dengan dokumen penting ini. Ingat, petugas hanya mau KTP, bukan kartu identitas lain. Setelah dari pos pemeriksaan, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Terminal Ubung, Denpasar dengan angkutan umum. Ada terminal kecil tak jauh dari pos. Tarifnya Rp 40.000, lama perjalanan sekitar 2,5 jam.

Sampai di Terminal Ubung Denpasar, pindahlah angkutan umum untuk menuju terminal Tegal jika tujuan Anda ke Kuta. Tapi sebelum memulai petualangan wisata di Bali, sebaiknya Anda mencari penginapan dulu untuk istirahat.

 

Tips liburan hemat ala backpacker:

 

Cari penginapan murah

Carilah penginapan murah. Tidak semua hotel atau penginapan di Bali mahal lho. Banyak hotel murah di sekitar Kuta yang cukup strategis dan dekat dengan pusat wisata dengan harga di bawah Rp 500 ribu per malam. Tentunya harga itu cocok dengan backpacker.

Hindari pergi pada hari besar

Pada hari libur nasional, mislanya Natal, tahun baru, lebaran, dan liburan sekolah akan membuat liburan Anda boros. Sebab, harga makanan, penginapan, tiket kerata akan naik.
Liburan Anda sebagai backpacker juga tidak akan nyaman karena suasana tempat wisata dan sekitarnya akan ramai, salah satunya kemacetan.

Bawa barang secukupnya

Bawa barang-barang yang dibutuhkan saja. Jangan membawa banyak barang bawaan karena justru akan menyulitkan Anda sebagai backpacke.

tips liburan ke Bali murah meriah ala backpacker | nagademo | 4.5