Tips Pintar Bagi Orang Tua untuk Mencukupi Nutrisi Anak

By On Rabu, Oktober 4th, 2017 Categories : Tips & Trik

Tips Pintar Bagi Orang Tua untuk Mencukupi Nutrisi Anak

tips nutrisi anak

Setiap orangtua selalu ingin agar anak-anaknya mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Namun, bagi sebagian besar orangtua, membuat anak mendapatkan asupan makanan sehat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mereka adalah sebuah perjuangan. Anak-anak sering sulit ketika diminta memakan makanan sehat dan terkadang lebih suka mengemil. Apabila Anda merupakan salah satu orangtua yang menghadapi masalah seperti ini, ada beberapa tips memenuhi asupan nutrisi anak yang bisa dicoba dipraktekkan.

  1. Pertimbangkan tampilan dan rasa makanan

Nutrisi anak yang berasal dari berbagai sumber makanan seperti sayuran hijau, buah, biji-bijian, susu, dan sebagainya sangat dibutuhkan untuk mendukung kesehatan mereka. Namun, terkadang sumber makanan seperti sayuran hijau akan membuat mereka malas memakannya. Karena itu, para dokter anak merekomendasikan bahwa orangtua harus mempertimbangkan gabungan tampilan, rasa, dan nilai gizi dari makanan yang disodorkan ke anak. Jadi, berkreasi membuat sajian makanan yang menyenangkan bagi anak juga adalah hal penting dalam membuat mereka suka dan mau untuk memakan makanan sehat.

  1. Mengkombinasikan berbagai jenis masakan

Cara lainnya agar anak-anak mau memakan makanan bergizi yang Anda buat adalah dengan menciptakan berbagai jenis masakan meskipun menggunakan bahan yang sama. Sebagai contoh, apabila Anda pernah menyajikan hidangan seperti nasi goreng ke anak, cobalah untuk membuat kreasi nasi lainnya seperti nasi panggang, bola-bola nasi campur, dan sebagainya. Apabila menyajikan tumis sayuran seperti bayam atau lainnya, tidak ada salahnya untuk mengolahnya menjadi sajian lain seperti keripik atau camilan sehat lainnya. Terkadang anak merasa malas jika melihat sayuran seperti brokoli, wortel, atau sayuran lainnya. Jika demikian, Anda bisa membuat sajian yang mereka tidak sangka dari jenis sayur tersebut. Anda juga bisa membuat potongan seperti wortel atau kentang menjadi potongan berbeda dalam masakan.

  1. Mengkreasikan sajian buah-buahan

Anda juga perlu mengkombinasikan buah yang mereka makan. Apabila anak bosan dengan potongan buah, cobalah membuat potongan yang menarik atau jarang mereka kenali. Selain membuat tampilan menjadi menarik, potongan buah juga akan membantu anak lebih mudah dalam melahap buah-buahan tersebut. Anda juga bisa mencoba siasat lain seperti mengolah buah dan lainnya menjadi sajian sehat lain seperti smoothie. Dengan begitu, nutrisi anak berupa vitamin dan mineral yang didapat dari buah-buahan tetap dapat tercukupi.

Ketiga tips di atas merupakan tips-tips yang telah terbukti efektif dipraktekkan oleh para orangtua yang menginginkan anaknya mendapatkan cukup asupan nutrisi. Selain menyajikan makanan sehat yang menjadi sumber nutrisi anak, Anda juga tidak boleh melupakan satu hal lagi, yaitu memberikan camilan sehat pada pagi menjelang siang atau sore untuk sang buah hati. Camilan yang sehat sendiri bisa dibuat dari olahan buah, olahan susu, biji-bijian seperti sereal dan kacang, dan sebagainya.

Tips Pintar Bagi Orang Tua untuk Mencukupi Nutrisi Anak | nagademo | 4.5