Virtualisasi Data Center Indonesia Serta Keunggulannya

By On Jumat, Mei 26th, 2017 Categories : Teknologi

Virtualisasi Data Center Indonesia Serta Keunggulannya

 data center

Pernah mendengar istilah virtual data center? Hal tersebut mungkin masih asing tetapi dalam penerapannya sudah banyak digunakan oleh para ahli IT dan juga perusahaan. Virtualisasi data center Indonesia lebih mengedepankan pada virtual yang digunakan sebagai basis dari data center. Sebelum berbicara mengenai keunggulan, ada baiknya mengenal lebih dulu secara sepintas terkait virtualisasi data center.

Anda tidak perlu pengetahuan teknik dan IT yang rumit tetapi cukup menggunakan konsep anologi sederhana. Data center mirip seperti computer di rumah hanya berukuran lebih besar dan kompleks yang menampung lebih banyak data. Satu komputer menggunakan satu sistem operasi dan Anda harus mengupgrade hardware jika ingin berpindah ke sistem operasi terbaru atau berbeda. Hal ini cukup menyita waktu, tenaga, dan biaya. Untuk mempersingkat waktu, Anda memilih untuk menyediakan space khusus pada hardisk lalu menggunakan virtual machine untuk membuat virtual komputer. Mengapa disebut virtual computer? Anda tidak akan melihat bentuk fisik komputer tersebut dan hanya dapat diakses dari komputer utama. Cara ini lebih singkat dan mudah karena tidak perlu penambahan hardware secara signifikan. Selain itu, komputer dapat digunakan untuk lebih dari satu buah sistem operasi.

Virtualisasi data center Indonesia sebenarnya lebih kompleks meskipun telah terjadi pengurangan hardware yang digunakan. Tujuan utama dari virtualisasi adalah aksesibilitas dan konektifitas. Perusahaan tidak perlu menambah perangkat baru jika ingin membuat data center. Misalnya, perusahaan ingin membuat data dibidang keuangan yang terpisah dari produksi. Data tersebut tidak ditempatkan pada system baru tetapi dalam virtual server. Cara ini tidak terbatas pada perusahaan besar dengan infrastruktur lengkap. Banyak perusahaan yang menggunakan pihak ketiga sebagai penyedia layanan IT milik mereka. Perusahaan tidak perlu membuat data center secara fisik di kantornya sehingga menghemat biaya dan dapat dilakukan ekspansi kapasitas yang fleksibel. Selain itu, maintenance dilakukan oleh professional dan ahli yang memang telah disediakan oleh penyedia layanan computing.

Yang menarik di era teknologi adalah cloud computing. Server dan data dapat diakses oleh karyawan secara real time setelah disesuaikan dengan level izin yang diberikan. Kapasitas data dan server juga dapat ditingkatkan ketika volume aktivitas meningkat serta dapat dikurangi kembali. Salah contohnya adalah NexDatacenter yang sudah terbukti kredibilitasnya. Lokasi server berada pada area strategi dengan tingkat keamanan maksimum. Jika terjadi gangguan atau kerusakan, proses perbaikan akan berlangsung singkat dan cepat. Perlu diingat bahwa virtualisasi data center Indonesia bertujuan untuk memaksimalkan sumber daya. Anda tidak perlu repot memikirkan bagaimana sistem yang cocok dan handal tetapi cukup fokus pada tujuan pelayanan dan produk untuk konsumen.

Virtualisasi Data Center Indonesia Serta Keunggulannya | nagademo | 4.5