Yuk Konsumsi 6 Jenis Makanan Ini Agar Mata Sehat Terjaga

Yuk Konsumsi 6 Jenis Makanan Ini Agar Mata Sehat Terjaga

Yuk Konsumsi 6 Jenis Makanan Ini Agar Mata Sehat Terjaga

Kondisi sehat dan tidaknya tubuh akan tergantung dari asupan makanan sehari-hari. Jika yang dikonsumsi adalah makanan tidak sehat makan berdampak pada tubuh yang juga tidak sehat. Begitu juga sebaliknya, jika makanan yang dikonsumsi punya gizi yang bagus, maka tubuh secara otomatis akan tampak sehat. Tak terkecuali dengan asupan makanan untuk kesehatan mata kita.

Ya, kandungan gizi dalam makanan bisa berpengaruh terhadap kesehatan mata termasuk pada retina mata yang selama ini mungkin kerap diabaikan oleh banyak orang. Oleh karena itu, yuk mulai dari sekarang kita jaga kesehatan mata kita agar tetap sehat dan berfungsi secara normal. Lalu adakah makanan yang bisa membuat mata kita sehat? Kuy cek daftarnya berikut ini.

Coklat

Hampir sebagian besar orang senang mengkonsumsi coklat. Makanan satu ini cukup banyak olahannya mulai dari coklat original, wafer, es krim, kue, hingga aneka ragam minuman. Rasanya yang bikin nagih membuat coklat menjadi salah satu komoditas paling banyak dicari di berbagai negara.

Coklat memiliki cukup banyak gizi mulai dari vitamin, kalsium, karbohidrat, protein hingga zat besi. Kandungan gizi dalam coklat ternyata cukup baik untuk kesehatan mata. Khusus coklat hitam yang memiliki kandungan flavanol yang mampu meningkatkan aliran darah ke retina mata. Nutrisi dalam kandungan coklat ini mampu mempertajam penglihatan. Sebagian ahli meyakini kandungan flavanol dalam coklat lebih bagus ketimbang wortel yang bagus untuk kesehatan mata.

Wortel

Sudah gak bisa dibantah kalau wortel adalah sayuran yang sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Nutrisi dalam wortel mengandung aneka macam vitamin seperti vitamin B1, B2, B6, C, E dan vitamin K. Selain itu, wortel juga memiliki kandungan folat, pantotenat, biotin, potasium hingga serat yang bagus untuk mata.

Idealnya mengkonsumsi wortel bisa secara langsung dalam bentuk mentah. Namun, sebagian besar orang lebih memilih untuk mengolah terlebih dahulu seperti jus, lauk untuk makan, acar, steak wortel dan banyak lagi. Wortel juga merupakan salah satu jenis sayuran yang mudah didapat dengan harga yang relatif terjangkau. Sehingga untuk menyehatkan mata, wortel bisa dikonsumsi secara rutin.

Bayam

Tak harus menjadi tokoh kartun seperti Popeye untuk gemar mengkonsumsi bayam. Setiap orang bahkan harus mengkonsumsi bayam karena memiliki cukup banyak kandungan bermanfaat salah satunya nitrat yang bisa mencegah penglihatan akibat degenerasi makula yang biasa menyerang orang berusia 50 tahun ke atas. Degenerasi makula sendiri merupakan gangguan mata yang terjadi pada lanjut usia.

Untuk mencegah gangguan mata tersebut, para ahli menganjurkan untuk banyak-banyak mengkonsumsi sayuran salah satunya bayam yang mengandung nitrat cukup tinggi hingga 20 mg per 100 gram. Dalam satu mangkuk bayam mentah atau setara dengan 225 gram terdapat 13,3 miligram lutein atau zat organik yang sangat dibutuhkan oleh mata.

Salmon

Kandungan gizi dalam ikan salmon diyakini memiliki manfaat untuk mencegah gangguan mata degenerasi makula. Dalam salmon terdapat lemak omega-3 yang cukup tinggi yang juga mampu mencegah kekeringan pada retina mata kelelahan dan kehilangan penglihatan.

Selain bermanfaat untuk kesehatan mata, salmon juga bermanfaat untuk organ tubuh lainnya antara lain jantung, perkembangan otak, kulit, rambut, hingga kesehatan tulang. Seseorang yang rutin mengkonsumsi ikan salmon diyakini memiliki penglihatan yang baik ketimbang orang yang tidak sama sekali mengkonsumsinya.

Telur

Kandungan lutein serta zeaxanthin yang merupakan antioksidan juga terdapat dalam telur yang baik untuk kesehatan mata. Antioksidan tersebut terdapat dalam pada kuning telur. Lutein dan zeaxanthin sangat baik untuk retina mata sehingga bisa mencegah gangguan mata seperti degenerasi makula.

Kandungan lain dalam telur adalah vitamin A dan vitamin B. Selain untuk kesehatan mata, mengkonsumsi telur secara rutin bisa menjaga kesehatan kulit, kesehatan imun, dan tentu saja sebagai sumber zat pembangun tubuh karena mengandung banyak protein, lemak sebagai sumber energi.

Alpukat

Buah satu ini dikenal memiliki kandungan vitamin E, vitamin B6, vitamin K, tembaga hingga kalium. Selain itu alpukat juga mengandung lutein dan zeaxanthin yang mampu mencegah katarak dan risiko degenerasi makula. Mengkonsumsi alpukat secara rutin diyakini mampu menguatkan pandangan mata dan terhindar dari risiko gangguan mata.

Banyak cara untuk mengkonsumsi alpukat. Selain dinikmati secara langsung, alpukat juga biasa dikonsumsi dalam berbagai jenis olahan seperti jus, pancake, bahkan dibikin olahan yang kekinian seperti alpukat kocok, brownies alpukat, olahan campur kopi yang menyegarkan tenggorokan.

Sayangi mata, rutin periksa ke dokter

Meskipun telah berusaha mencegah berbagai gangguan mata dengan mengkonsumsi secara rutin jenis-jenis makanan di atas, Anda sebaiknya tetap memeriksa secara rutin pula kesehatan mata ke dokter. Gangguan mata terutama pada retina mata seringkali abai dan tidak diketahui oleh banyak orang. Seringkali serangan gangguan mata terjadi karena orang sudah kadung terserang permasalahan mata.

Dengan demikian gak ada salahnya untuk mulai mengecek kondisi terkini mata Anda ke dokter. Banyak tempat pemeriksaan mata yang ada di sekitar Anda. Klinik spesialis mata KNM EyeCare misalnya. Klinik satu ini dikenal sebagai salah satu tempat pemeriksaan, pengobatan hingga pembedahan mata yang sangat profesional karena ditunjang oleh dokter-dokter yang ahli di bidangnya.

You May Also Like

About the Author: Abu Hasan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *