5 Langkah Merawat Rantai Sepeda Motor Agar Tetap Tahan Lama

5 Langkah Merawat Rantai Sepeda Motor Agar Tetap Tahan Lama



rantai sepeda motorSumber: Shopee

Mempunyai kendaraan bermotor merupakan hal yang sudah tidak lazim, apalagi di zaman ini hampir semua masyarakat memiliki sepeda motor. Sepeda motor semata-mata berguna untuk meringankan beban bawaan serta mempercepat waktu saat bepergian. Tapi kendaraan motor harus dirawat agar performa motor tetap terjaga dan tidak gampang rusak.

Perlu kamu ingat kalau rantai motor adalah salah satu bagian yang paling penting untuk sebuah sepeda motor. Rantai juga harus mendapatkan perhatian yang cukup loh, karena pada bagian itu rentan terhadap kerusakan dan juga mudah putus. Nah untuk kamu yang ingin rantainya tahan lama, kamu bisa menggunakan langkah – langkah sederhana berikut ini.

  • Cek Selalu Rantai

Langkah yang pertama bisa sobat lakukan, yaitu cek selalu rantai secara rutin agar kamu tahu rantai kendaraan itu apakah masih kencang atau sudah kendor. Merawat rantai kendaraan motor sudah sering diabaikan padahal mudah, dimana banyak orang yang membiarkan hal itu karena terburu-buru atau malas mengeceknya. Tapi tidak ada salahnya bila kamu memulai rutin untuk melakukan perawatan terhadap rantai agar tidak terjadi sesuatu pada kendaraan kamu.

  • Membersihkan rantai secara rutin.

Tips yang kedua yaitu membersihkan rantai secara rutin, hal ini memang harus kamu lakukan. Tidak hanya mengakibatkan rantai cepat kendor atau rusak, motor juga terlihat kotor sehingga tidak enak dipandang. Dimana semua orang pasti ingin kendaraan motornya terlihat enak dipandang, pastinya cara kedua ini harus sering digunakannya.

Baca juga: Motor Sport Yamaha Paling Laris Tahun Ini

  • Memberikan cairan pelumas terhadap rantai

Tips yang ketiga yaitu, harus sering memberikan cairan khusus atau dengan oli khusus untuk membersihkan rantai. Cara ini memang sangat mudah sekali, karena cara ini tidak memberikan waktu yang cukup lama. Terlebih kalau kamu melumasi dengan cara mengoleskan ke seluruh rantai. Pelumas motor juga bisa kamu temukan di bengkel atau toko-toko aksesoris motor terdekat di tempat tinggal kamu.

  • Memotong Rantai apabila sudah terlalu kendur

Mungkin untuk hal ini tidak semua orang dapat melakukannya, dimana kamu harus memotong rantai satu kali saja. Cara tersebut memang tidak mudah dilakukan, dikarenakan membutuhkan alat khusus rantai untuk memotong bagian yang kendur dan cara mudahnya kamu dapat membawa motor kamu ke bengkel terdekat. Tapi untuk kamu yang mempunyai waktu luang serta peralatan yang ada, kamu bisa lakukan cara ini sendiri dan yang harus diingat yaitu memotong rantai hanya satu kali saja.

  • Gunakanlah gear dan rantai original

Untuk tpis terakhir sangatlah mudah sekali guys, kamu hanya menggantikan gear dan rantai dengan yang original. Dimana kalau barang asli sudah pasti mempunyai kualitas yang sangat baik dan pastinya sangat awet menggunakan bahan yang terbaik. Beberapa cara-cara ini memang terbilang cukup mudah, untuk melakukanya kamu juga tidak harus membutuhkan waktu yang begitu lama dan cukup membutuhkan waktu beberapa menit.

Beberapa tips di atas bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Dimana perawatan itu tidak memerlukan waktu yang banyak. Tapi untuk kamu yang tidak mempunyai waktu banyak atau sibuk, kamu bisa melakukan pada tips nomer 3 yaitu hanya memberikan pelumas atau cairan khusus untuk rantai motor kesayangan kamu. Semoga bermanfaat!



You May Also Like

About the Author: Abu Hasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *