7 Rekomendasi Wisata Alam Menakjubkan di Jawa Tengah

7 Rekomendasi Wisata Alam Menakjubkan di Jawa Tengah



Rawa Pening

Siapa yang tak suka berlibur?  Jika kamu berlibur untuk menenangkan pikiran, berlibur ke alam bebas bisa menjadi pilihan yang tepat. Nah, berikut ini rekomendasi wisata alam yang berada di Jawa Tengah.

1. Taman Nasional Karimun Jawa

Taman Nasional Karimun Jawa

Karimun Jawa merupakan kepulauan yang berada di Kabupaten Jepara. Untuk sampai di Karimun Jawa, Anda bisa menyeberang dari Pelabuhan Kartini di Jepara ataupun Pelabuhan Tanjung Mas di Semarang.

Wisata alam Jawa Tengah ini merupakan wisata yang cukup populer hingga ke mancanegara. Di sini kamu bisa berkeliling ke pulau-pulau kecil ataupun melakukan berbagai olahraga air, seperti menyelam ataupun snorkeling.

2. Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Dieng

Jika kamu lebih suka berwisata ke daerah pegunungan, Dataran Tinggi Dieng menjadi destinasi wisata yang patut kamu kunjungi. Di sini kamu akan disuguhkan dengan panorama alam yang indah lengkap dengan budaya khas masyarakat Wonosobo.

Tak hanya dapat menikmati pemandangan matahari terbit saja, kamu juga bisa berkunjung ke beberapa candi yang terletak di kawasan Dieng. Selain itu, ada pula Kawah Sikidang yang juga menjadi destinasi wisata favorit di Dieng.

3. Baturaden

Baturaden

Salah satu wisata alam Purwokerto yang cukup populer adalah Baturaden. Berada di lembah Gunung Slamet, Baturaden menjadi destinasi wisata yang patut kamu kunjungi bersama keluarga.

Salah satu tempat favorit di kawasan Baturaden adalah pemandian air panas yang terkenal dengan nama Pancuran Pitu. Selain itu, ada juga Wana Wisata Baturaden yang menawarkan pemandangan hijau yang menyejukkan.

4. Ketep Pass

Ketep Pass

Jika kamu ingin napak tilas di Gunung Merapi, Ketep Pass bisa menjadi pilihan yang tepat. Di Ketep Pass terdapat berbagai fasilitas menarik yang bisa kamu kunjungi, seperti Museum Vulkanologi, gardu pandang, Pelataran Panca Arga, teropong, dan bioskop mini.

Salah satu spot favorit di Ketep Pass adalah gardu pandang. Di gardu pandang ini kamu bisa melakukan swafoto dengan background pegunungan yang indah. Selain itu di Pelataran Panca Arga juga bisa kamu nikmati sambil melihat 5 gunung, yaitu Gunung Merbabu, Merapi, Sindoro, Sumbing, dan Slamet.

5. Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu merupakan destinasi wisata yang terletak di Kabupaten Karanganyar. Di tempat ini kamu akan disuguhkan dengan keindahan air terjun dengan pemandangan hutan yang masih hijau.

Menariknya, untuk mencapai air terjun, kamu akan melewati jalan setapak yang terdapat banyak kera yang dilepas bebas. Meskipun kera di sini dilepas, kamu tak perlu takut karena kera di sekitar air terjun sudah akrab dengan manusia.

6. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti

Salah satu wisata alam Semarang yang cukup populer adalah Umbul Sidomukti. Di lokasi wisata ini kamu bisa menikmati berenang di alam bebas sekaligus menikmati panorama alam yang bisa kamu lihat dari ketinggian.

Menariknya, kolam renang di sini merupakan kolam renang tertinggi di Jawa Tengah yang sumber airnya terus menerus mengalir dari dalam bumi. Tak hanya berenang saja yang bisa kamu lakukan di Umbul Sidomukti, kamu juga bisa bermain aneka wahana menantang hingga camping di lokasi ini.

7. Rawa Pening

Rawa Pening

Pernah mendengar legenda Rawa Pening? Jika kamu masih penasaran dengan Rawa Pening, kamu bisa langsung mengunjunginya di daerah Ambarawa. Di sini kamu bisa menyalurkan hobi fotografi kamu sambil menikmati keindahan waduk yang tertutup oleh eceng gondok.

Kamu bisa mengeksplor wisata alam yang banyak terdapat di Jawa Tengah. Jika kamu kesulitan untuk sampai ke tempat wisata tersebut, kamu bisa sewa mobil dengan memperhatikan harga sewa mobil karena beberapa tempat cukup sulit diakses menggunakan kendaraan umum.



You May Also Like

About the Author: Abu Hasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *