Cara Menambah RAM Laptop, Tingkatkan Performa, Dijamin Anti Lemot

cara menambah RAM laptop

Cara menambah RAM laptop perlu Kawan Gadget ketahui supaya performanya kembali kencang. Ya, apabila Anda merasa laptop yang Anda pergunakan performanya mulai lemot, maka hendaknya jangan langsung Anda terima keadaan seperti itu begitu saja.

Menambah kapasitas RAM pada laptop adalah salah satu langkah tepat yang mesti Anda lakukan guna meningkatkan performa laptop yang lemot.  Cek selengkapnya.

Cara Menambah RAM Laptop, Simak Tutorialnya Berikut Ini!

Terdapat banyak penyebab mengapa performa laptop menjadi lemot atau lambat. Selain prosesor, komponen yang bisa memberikan dampak pada performa dari sebuah laptop yaitu kapasitas RAM-nya yang kecil.

Random Acces Memory mempunyai fungsi yang sangat penting. Sebab, RAM punya kegunaan untuk membaca data dan sebagai tempat penyimpanan data program yang sedang berjalan.

Nah, faktor penyebab RAM cepat penuh ini berbagai macam. Seperti, karena adanya masalah pada memory RAM, banyaknya aplikasi yang Anda unduh, program antivirus yang cukup berat, serta banyaknya plug in pada browser Anda.

Kendati begitu, bukan berarti tidak tersedia solusinya. Pasalnya, Anda dapat menangani hal seperti itu dengan mencoba beberapa cara menambah RAM laptop berikut ini.

Sebetulnya, untuk menambahkan RAM pada laptop tidaklah sulit. Namun, sebagian orang masih mengalami persoalan ketika mengupgradenya. Mulai dari RAM tak terbaca, layar mengalami black screen, dan lainnya. Agar Anda tidak mengalami berbagai masalah itu, inilah cara tepat untuk menambah RAM pada laptop.

Upgrade RAM di Laptop dengan Cepat, Mudah, dan Praktis

Ada 2 cara menambah RAM laptop, yaitu secara virtual dan dengan membongkar laptop. Kedua cara tambah RAM tersebut sama praktisnya. Berikut tutorialnya.

Menambah RAM Laptop dengan Virtual Memory

Cara satu ini biasa dipakai pada laptop yang tidak mempunyai slot RAM tambahan. Nah, cara upgrade RAM ini juga dapat menjadi alternatif yang tepat apabila Anda belum mampu membeli memori RAM.

Akan tetapi, kelemahan dari cara menambah RAM dengan virtual memory adalah Anda mesti mengorbankan kapasitas hard disk Anda. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda ikuti.

  • Silakan Anda klik ‘File Explorer’ kemudian menuju ke ‘This PC’ di layar laptop.
  • Berikutnya, di bar yang ada tulisannya ‘This PC’ klik kanan lalu pilihlah ‘properties’.
  • Kemudian carilah dan klik ‘advanced system setting’.
  • Langkah selanjutnya, di tabel ‘performance options’ pilihlah opsi ‘setting’. Kemudian tekan ‘advanced’ dan carilah pilihan ‘change’ di tabel ‘virtual memory’.
  • Silakan ‘Uncheck’ di tulisan ‘automatically managing paging size for all drives’.
  • Berikutnya, ceklis pada ‘custom size’ lalu tentukan sendiri kapasitas yang Anda inginkan. Untuk pengisian Initial Size (kapasitas RAM x 1,5). Sementaraitu untuk Maximum Size (kapasitas RAM x 3). Contohnya, kapasitas laptop Anda 4GB, maka Initial Size (4000MB x 1,5 = 6000MB). Sedangkan untuk Maximum Size (4000 MB x 3 = 12.000MB).
  • Terakhir tekan OK lalu segera restart laptop Anda!.

Cara Tambah RAM dengan Membongkar Laptop

Sebetulnya, cara menambah RAM laptop dengan membongkar ini cukup gampang. Sebab, Anda cukup membuka baut pada belakang laptop lalu mengganti atau menambah slot yang tersedia,

Sebelum melakukan penambahan RAM di laptop dengan cara ini, terdapat sejumlah hal yang mesti Anda perhatikan lebih dulu.

Pastikan RAM Dapat Dilepas

Sekarang ini, ada model RAM onboard, yakni Random Acces Memory yang telah tertanam pada mainboard serta tidak punya slot tambahan. Apabila begitu, Anda tidak dapat menambahkan RAM fisik pada laptop Anda. Sebelum membeli RAM, pastikan Anda sudah cek apakah di laptop tersebut terdapat slot tambahan RAM atau tidak.

Cara mengeceknya yaitu bukalah bagian bawah laptop kemudian lihat adakah slot RAM kosong atau tidak. Slot RAM itu biasanya terletak di dekat motherboard. Namun ada pula yang terpisah dari komponen motherboard beserta kipasnya, contohnya pada merek HP.

Jika slot yang tersedia hanya satu, artinya Anda perlu mengganti RAM yang sudah terpasang itu dengan Random Acces Memory yang baru. Lain halnya, apabila masih tersedia slot tambahan lagi. Sebab, Anda hanya tinggal membeli RAM baru lalu memasangnya pada slot tersebut.

Pastikan Slot RAM tidak Disolder Permanen

Di dalam menambah RAM, silakan cek lebih dulu apakah RAM laptop tersebut disolder secara permanen atau tidak. Karena, sejumlah pabrikan baru mulai getol menyolder RAM ini secara permanen.

Apabila slot RAM disolder, maka dipastikan Anda tidak dapat mengupgrade-nya sendiri jika terjadi kerusakan. Tetapi, jika ada 2 slot serta hanya ada satu slot yang disolder, maka Anda bisa menambah RAM pada laptop tersebut.

Cek Kompatibilitas Laptop

Cara menambah RAM laptop selanjutnya yaitu silakan cek terlebih dulu kompatibilitas laptop tersebut. Pasalnya, tidak semua sparepart cocok untuk laptop yang Anda pakai. Selain itu, belum tentu pula laptop Anda mampu di-upgrade RAM-nya.

Biasanya, tiap-tiap laptop memberikan kapasitas RAM maksimal yang dapat dipasang di dalamnya. Hal tersebut sangatlah penting. Sehingga jangan sampai Anda memasang RAM 16 GB, padahal laptop itu hanya mampu menampung kapasitas RAM hingga 8GB saja.

Anda dapat mengecek kompatibilitas laptop Anda lewat service resmi dari brand laptop Anda. Sehingga, Anda tidak sembarangan membeli serta memasang RAM yang belum tentu cocok ditambahkan pada laptop milik Anda.

Sesuaikan Kecepatan RAM

RAM bawaan pada laptop biasanya punya kecepatan yang telah ditentukan serta dapat Anda jadikan acuan pada saat menambahkan RAM. Contohnya, RAM bawaan laptop Anda punya kecepatan 2666MHz, maka Anda mesti menambahkan Random Acces Memory dengan kecepatan tersebut.

Hal ini cukup penting untuk Anda perhatikan. Sebab, apabila kecepatan antara RAM pada slot satu dengan RAM slot dua tidak sama, bisa jadi performa laptop tersebut malah akan mengalami penurunan. Sehingga, pastikan Anda membeli RAM yang sesuai dengan kecepatan bawaan laptop.

Tentukan Jenis RAM

Cara menambah RAM laptop selanjutnya adalah menentukan jenis Random Acces Memory-nya. Silakan Anda mencari tahu juga tipe atau jenis RAM pada laptop Anda. Apakah memakai DDR3, DDR3L, DDR4, DDR4L, atau jenis RAM yang lain.

Pilih Merk RAM sejenis

Cara menambah RAM laptop tidak dapat Anda lakukan dengan asal-asalan. Anda mesti memperhatikan spesifikasi RAM yang sudah terpasang di slot yang ada. Disana bakal tercantum keterangan merk RAM yang dipakai. Upayakan Anda menambah pada slot yang kosong dengan menggunakan merk RAM yang sama.

Akan lebih baik jika Anda memilih merk RAM yang bagus serta telah dipercaya oleh banyak pengguna.

Lakukan Penambahan RAM

Apabila Anda sudah membeli RAM, cara menambah RAM laptop berikutnya yaitu memasang RAM itu pada laptop. Sebetulnya, ketika membeli RAM, Anda juga bisa meminta tolong kepada teknisinya untuk memasangkannya. Sehingga, Anda tak perlu ribet.

Namun, jika Anda ingin memasangnya sendiri, Anda harus membuka tutup belakang laptop. Tetapi, ada pula laptop yang mesti dibongkar lewat bagian atas (keyboard). Sehingga, silakan menyesuaikan saja dengan kondisi laptop yang Anda miliki.

Baca juga Spesifikasi Dan Harga Laptop Gaming Asus ROG G751JM

Sesudah berhasil terbuka, Anda dapat langsung memasang RAM laptop pada tempatnya. Nah, sesudah terpasang, menyalakan kembali laptop lalu cek apakah RAM tersebut sudah terdeteksi atau belum.

Nah, itu tadi beberapa cara menambah RAM laptop baik secara virtual maupun dengan menggunakan RAM fisik. Sebenarnya, masih terdapat banyak cara untuk upgrade RAM virtual pada laptop yang lainnya, termasuk memakai fitur hardisk yakni ReadyBoost.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.