Empat Langkah Adaptasi Di Perusahaan Untuk Kamu Si Karyawan Baru

Empat Langkah Adaptasi Di Perusahaan Untuk Kamu Si Karyawan Baru



jasa outsourcing

Bukan hal yang mudah, mencari pekerjaan menjadi hal yang sulit bagi banyak orang. Namun, dengan adanya jasa outsourcing kamu akan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan dengan bantuan pihak ketiga. Namun, ketika berhasil diterima di sebuah perusahaan, apa yang harus dilakukan oleh para karyawan baru agar dapat diterima oleh karyawan lainnya? Di luar sikap yang harus diatur di perusahaan, para karyawan baru juga harus menyimpan semua pekerjaan mereka di tempat yang sudah disediakan. Hal ini tentunya berhubungan dengan sikap profesionalitas mereka.

Semua berkas pekerjaan yang ada harus disimpan rapi di file cabinet agar tidak ada file yang tercecer. Penting diketahui bahwa hal-hal kecil semacam ini ternyata mampu membuat citra seseorang baik di mata orang lainnya,  terutama untuk para karyawan baru. Proses penyesuaian diri juga harus dilakukan karena akan mempengaruhi pekerjaan di masa mendatang. Untuk mendukung proses adaptasi tersebut, beberapa langkah ini perlu dilakukan.

  1. Bangun komunikasi dengan rekan kerja

Komunikasi adalah kunci utama dalam pekerjaan, terutama untuk para karyawan baru. Maka, penting untuk para karyawan baru untuk membangun komunikasi dengan karyawan lainnya. Kamu bisa melakukan komunikasi dengan cara santai seperti makan siang bersama atau minum kopi di kala jam senggang. Mengobrol percakapan ringan dengan yang lainnya menjadi trik jitu untuk bisa membangun komunikasi yang baik saat bekerja. Namun, kamu harus memulai obrolan dengan topik yang ringan jika mengobrol di luar jam kerja ya.

  1. Pelajari perusahaan sedetail mungkin

Diterima bekerja di sebuah perusahaan, berarti kamu juga harus mempelajari detail perusahaan tersebut. Sempatkan diri untuk mambaca website perusahaan dan cermati baik-baik visi dan misi perusahaan tersebut. Baca juga segala hal tentang perusahaan yang terbuka di tempat umum, seperti laporan tahunan, brosur, artikel majalah dan sebagainya. Kamu juga harus familiar dengan nilai-nilai yang ada di perusahaan tersebut.

  1. Gunakan pakaian yang sesuai

Beberapa perusahaan memang telah memperbolehkan para karyawannya untuk menggunakan pakaian yang lebih santai seperti celana jins dan kaus. Namun, penting untuk mengetahui jenis pakaian apa yang digunakan di perusahaan tersebut. Tanyakan dress code  apa yang harus digunakan di perusahaan tersebut. Kamu harus ingat bahwa dress to impress adalah hal penting yang harus dilakukan.

  1. Tentukan 3 kualitas diri Anda

Agar tetap tampil sesuai dengan jati diri kamu, kamu harus menetapkan 3 kualitas diri kamu sendiri. Seperti misalnya, kamu ingin terlihat seperti orang yang pekerja keras, ambisius dan solutif. Di hari pertama bekerja kamu harus menunjukkan sikap tersebut. Kamu bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu jika ingin dianggap sebegai pekerja keras, atau jika ingin dikenal sebagai pribadi yang solutif kamu harus bisa memberikan solusi saat rapat berlangsung.

Memulai pekerjaan di kantor baru memang menjadi tantangan sendiri bagi banyak orang. Namun, kamu harus bersikap tenang dan yakin, dengan begitu segala yang kamu lakukan akan menjadi lebih mudah. Jadi, jangan lagi merasa terintimidasi di tempat baru, ya!



You May Also Like

About the Author: Abu Hasan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *