Gigi Ngilu Saat Makan, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Gigi Ngilu Saat Makan, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinyagigi ngilu saat makan

Gigi ngilu saat makan mungkin sudah banyak yang mengalaminya. Ketika gigi kita terasa ngilu tentu saja kita akan merasa tidak nyaman dan terganggu. Buat anda yang sering merasakan hal seperti ini, sebaiknya jangan mengabaikannya. Anda harus memeriksakannya ke dokter yang ahli menangani berbagai macam masalah gigi.

Tidak hanya gigi ngilu saja, masalah gigi lainnya seperti gigi berlubang juga harus segera anda bawa ke dokter ahlinya. Karena gigi adalah bagian dari tubuh yang memiliki peran yang sangat penting. Dengan begitu, kita harus melakukan perawatan gigi agar gigi kita bisa berfungsi secara optimal.

Penyebab Gigi Ngilu Saat Makan

Gigi ngilu saat makan biasanya muncul pada saat kita makan makanan tertentu. Bisa jadi ini timbul karena anda sering makan makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin. Tidak hanya itu saja, masih banyak penyebab lainnya yang mengakibatkan gigi terasa ngilu. Berikut penjelasannya.

Gigi Sensitif

Pada umumnya gigi ngilu disebabkan adanya permasalahan seperti gigi sensitif. Permasalahan seperti ini bisa terjadi karena adanya penipisan lapisan pelindung gigi. Dengan begitu, bagian dentin gigi yang terdapat banyak saraf sangat mudah terpapar rangsangan tersebut. Jadi tak heran jika seseorang yang memiliki gigi sensitif sering merasakan nyeri dan ngilu.

Ada Masalah pada Gusi

Seseorang yang memiliki gangguan pada gusi biasanya diakibatkan karena perawatan gigi yang kurang baik. Kebiasaan gosok gigi dengan terlalu keras dapat mengakibatkan plak atau karang gigi menjadi menumpuk. 

Tak hanya itu saja, pada umumnya masalah gusi juga bisa disebabkan adanya kebiasaan merokok serta terlalu banyak mengonsumsi minuman yang beralkohol.

Tak hanya menjadikan gigi terasa ngilu, gangguan yang terjadi pada gusi juga bisa mengakibatkan gejala lain. Diantaranya seperti gusi berdarah, bengkak, bahkan sampai bernanah.

Gigi yang Berlubang

Gigi ngilu saat makan juga bisa disebabkan oleh gigi yang berlubang. Tak hanya ngilu, gigi yang berlubang juga bisa menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa. Untuk itu, jika anda memiliki masalah gigi berlubang ini, maka harus segera diatasi.

Cara Mengatasi Gigi Ngilu saat Makan

Untuk mengatasi gigi yang ngilu, anda bisa melakukan berbagai cara seperti berikut ini:

Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut

Untuk mengatasi dan mencegah berbagai masalah pada gigi, sebaiknya anda terus menjaga kebersihan gigi dan mulut. Agar kebersihan dan kesehatan gigi selalu terjaga, sebaiknya anda bisa rutin menggosok gigi paling tidak sebanyak 2 kali sehari. 

Bisa juga anda membersihkan sisa makanan yang ada di sela-sela gigi dengan menggunakan benang gigi paling tidak 1 kali sehari.

Menggunakan Pasta Gigi Khusus Gigi Sensitif

Jika rasa ngilu gigi anda disebabkan oleh gigi sensitif, sebaiknya anda memilih menggunakan pasta gigi yang dikhususkan untuk gigi sensitif secara rutin. Karena ini bisa melindungi lapisan dentin yang terbuka. Dengan demikian, dapat mengurangi rasa nyeri dan juga ngilu pada gigi anda.

Membatasi Makanan dan Minuman Asam

Untuk mengatasi gigi ngilu saat makan, sebaiknya anda bisa membatasi mengonsumsi makanan dan minuman asam. Diantaranya seperti minuman bersoda, yogurt, serta jeruk asam. Karena jenis makanan dan minuman ini dapat mengikis sebagian email gigi.

Perlu anda ketahui, untuk mengatasi permasalahan gigi ngilu saat makan, anda harus bisa merawat kesehatan dan kebersihan gigi dengan baik dan benar. Hal yang paling penting, anda harus mengonsultasikannya kepada dokter ahli gigi agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

You May Also Like

About the Author: Abu Hasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *