Jenis Surat Pernyataan dan Faktor yang Harus di Penuhi

Jenis Surat Pernyataan dan Faktor yang Harus di Penuhi

Jenis surat

Dalam beberapa keadaan mungkin Anda ini diharuskan untuk bisa bertanggung jawab saat melakukan sebuah pekerjaan. Tapi ternyata Anda tidak bisa datang karena harus menyelesaikan masalah yang lebih penting. Jika hal ini terjadi pada Anda, Anda bisa membuat surat pernyataan yang isinya menjelaskan mengenai situasi yang sedang Anda alami.

Hal ini supaya alasannya jadi jelas kepada Anda tidak bisa datang. Bukan Cuma untuk itu saja tapi surat pertnyataan ini juga bisa Anda gunakan sebagai bukti mengenai sesuatu hal yang memang diakuo oleh pihak yang membuat surat. Di beri materai dan juga tanda tangan menjadikan surat ini formal dan punya kekuatan hukum.

​Surat pernyataan ini memiliki jenis yang sangatlah beragam, semuaya di sesuaikan dengan tujuan dibuatnya surat. Penggunaan surat ini juga bisa diterapkan di berbagai bidang, termasuk ketika Anda membeli sebuah property. Adanya surat pernyataan ini jadi sebuat langkah preventif untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ketika proses transaksi. Pada kesempatan kali ini mari kita bahas mengenai jenis dan contoh surat pernyataan, yuk langsung saja simak dibawah ini:

  • Surat Pernyataan untuk Tanah Tidak Sengketa

Di buatnya surat yang satu ini memiliki tujuan supaya bisa memperkuat status tanah. Adanya surat ini bisa jadi bukti jika tanah yang dimiliki tidak terjerat sengketa. Biasanya suratnya ini dijadikan dokumen pendukung sebagai kepemilikan.

  • Surat Pernyataan untuk Hibah Tanah

Jenis surat selanjutnya yaitu untuk hibah tanahm  dokumen yang satu ini wajib untuk Ansa buat saat property yang Anda punya ini asalnya dari hasil pemberian orang lain. Seperti yang ada pada Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1997, pembuatan surat pernyataan ini harus dibuat di depan notaris langsung.

  • Surat Pernyataan untuk Tanah Warisan

Surat yang selanjutnya untuk tanah warisan, surat ini wajib dibuat supaya ada kejelasan mengenai status tanah. Didalam surat ini harus bertuliskan siapa pewarisnya, siapa yang mendapatkan warisan, dan tanah mana yang diwariskan. 

  • Surat Pernyataan untuk Jual Beli Tanah dan Bangunan

Surat pernyataan juga harus ada ketika Anda melakukan proses jual beli tanah dan juga bagunan. Dokumen ini sangat penting karena bisa jadi salah satu bukti jika tanah sudah berpindah tangan.• Surat Pernyataan untuk Jual Properti

Saat menjual property juga Anda perlu membuat surat pernyataan. Isi suratnya guna menunjukan komitmen dari yang punya ke pihak penjual. Di dalamnya harus ditulis biodata secara lengkap, data property hingga harga jual dari property. 

Ketika ingin membuat surat pernyataan ada 3 faktor yang wajib untuk Anda perhatikan, diantaranya:

  • Tentukan jenis surat pernyataan yang akan dibuat

Penting untuk menentukan jenis surat pernyataan apa yang ingin Anda buat, karena jika jenisnya sudah diketahui maka Anda juga pasti sudah punya gambaran untuk isinya.

  • Perhatikan cara penulisannya

Surat pernyataan ini harus dibuat dengan bahasa yang resmi. Selain itu formatnya juga harus benar, jangan sampai surat pernyataan Anda terdapat kesalahan seperti salah ketik dan juga penulisan tanda baca.

  • Susun kalimat secara lugas dan sederhana

Terakhir gunakan susunan kalimat yang sederhana supaya mudah untuk dimegerti dan tidak menjadikan orang yang membaca jadi ambigu. Gunakan bahasa yang familiar untuk siapapun.

Nah itu dia informasi yang bisa kita sampaikan semoga bisa membantu Anda untuk lebih paham dengan surat pernyataan!

You May Also Like

About the Author: Abu Hasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *