Perhatikan Hal Ini Saat Mengajukan Pembiayaan untuk Modal Kerja

Perhatikan Hal Ini Saat Mengajukan Pembiayaan untuk Modal Kerja

Mengajukan Pembiayaan untuk Modal Kerja

Tidak sedikit orang yang memilih untuk mengajukan kredit saat membutuhkan modal kerja. Hal tersebut memang tidak salah karena modal merupakan hal penting dalam sebuah usaha. Saat tidak ada modal maka usaha yang Anda jalankan menjadi terhambat. Namun beberapa orang enggan mengajukan kredit modal usaha di bank karena dianggap riba. Solusi jika Anda juga tidak ingin melakukannya adalah dengan memilih pembiayaan modal kerja dari bank syariah.

Jenis pembiayaan ini hampir sama dengan kredit modal usaha. Akan tetapi dalam pembiayaan untuk modal kerja tidak ada bunga yang membuat kredit menjadi riba. Keuntungan dari bunga digantikan oleh bagi hasil yang disesuaikan dengan syariat Islam. Sebelum mengajukan pembiayaan untuk modal kerja di bank, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

Akad

Berbeda dengan kredit konvensional, pembiayaan untuk modal kerja biasanya berbasis syariah sehingga akan ada akad di dalamnya. Ada beberapa jenis akad yang biasanya digunakan, salah satu yang paling banyak digunakan adalah musyarakah. Pahami apa akad yang digunakan oleh bank yang Anda pilih.

Manfaat

Manfaat pembiayaan untuk modal kerja sangat beragam. Anda bisa menggunakannya sebagai modal usaha untuk membeli berbagai kebutuhan sehingga memajukan usaha. Pastikan bahwa Anda sudah memiliki rencana yang matang sebelum mengajukan pembiayaan.

Ketentuan

Sama seperti kredit rumah syariah, biasanya ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi oleh nasabah. Beberapa ketentuan tersebut seperti nasabah adalah perorangan atau badan usaha, jangka waktu, nilai guna, dan masih banyak yang lainnya. Ketentuan ini bisa berbeda-beda pada setiap bank.

Kelengkapan Dokumen

Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan sebelum mengajukan pembiayaan adalah melengkapi dokumen yang diminta. Cari tahu apa saja dokumen yang diminta oleh bank yang telah Anda pilih. Jika ada dokumen yang tertinggal maka proses pengajuan bisa lebih lama.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mengajukan pembiayaan untuk modal kerja. Jika sudah mendapatkan dana, Anda bisa menggunakannya untuk berbagai hal sesuai kebutuhan. Anda bisa mengajukan pembiayaan untuk modal kerja ini di bank-bank syariah Indonesia. Pilih produk sesuai kebutuhan Anda sehingga bisa mendapatkan hasil sesuai keinginan tanpa memberatkan keuangan. Semoga informasi mengenai pembiayaan untuk modal kerja di atas bisa bermanfaat untuk Anda.

You May Also Like

About the Author: Abu Hasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *