Kiat Mengatasi Kebocoran pada Plafon Setelah Hujan Deras

sunda plafon
Foto: shundaproject.com

Tingginya intensitas hujan tak jarang menimbulkan masalah di rumah. Bocornya atap, misalnya, dapat merembes sampai ke bagian dalam hunian akibat pemilihan plafon yang kurang tepat. Dalam hal ini, Anda dapat segera menggantinya dengan Shunda Plafon Bogor yang dikenal akan produk-produknya yang tahan akan perubahan cuaca. Namun tentunya ada langkah-langkah yang perlu dilakukan sebelum instalasi dilaksanakan.

Cek konstruksi dan lokasi kebocoran

Dua langkah pertama yang perlu Anda lakukan sebelum ganti plafon adalah mengecek bagian konstruksi dan lokasi kebocorannya. Temukan bagian-bagian yang rusak hingga menyebabkan atap tak mampu menahan derasnya air hujan. Untuk menjaga keamanan dan keselamatan Anda, pastikan untuk memeriksanya saat hujan sudah berhenti.

Kemudian, begitu menemukan titik kebocoran, baik yang kecil atau besar, segera tandai untuk diperbaiki. Bersihkan dulu bagian tersebut, sebab ada kemungkinan air hujan yang masuk bercampur dengan jamur dan memicu kelembapan yang akan memperparah kerusakan atap.

Atasi kebocoran plafon sesuai jenis atap 

Sudah menemukan bagian plafon yang rusak dan bocor? Sebelum menggantinya dengan produk Shunda Plafon Bogor, periksa jenis atap rumah Anda. Pasalnya, masing-masing jenis atap memiliki karakteristik berbeda, sehingga penanganannya tak akan sama.

1. Perbaikan pada plafon beratap dak

Jika rumah Anda memakai atap dak beton, maka langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengisinya dengan air terlebih dulu. Tunggu sampai 24 jam untuk mengetahui hasilnya. Volume air yang terus berkurang menandakan kebocoran yang parah, sementara kalau tak kunjung surut justru masih ringan. Dari sini, Anda lebih mudah menentukan metode perbaikan yang sesuai.

2. Perbaikan pada plafon beratap rangka atap

Atap berangka atap biasanya menggunakan kayu konstruksi. Anda cek bagian tersebut untuk mengetahui kerusakan atau masalah lain pada genteng. Untuk perbaikannya pun terbilang mudah. Anda perlu memasang pelindung tambahan berupa triplek atau lapisan plastik tebal supaya air tak rembes langsung ke plafon.

Baca juga Bangun Rumah Murah 2 Lantai, Pertimbangkan Hal ini

Sebagai catatan tambahan, lindungi juga Shunda Plafon Bogor dengan cat waterproof agar bagian tersebut tak gampang rusak.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.