Mengenal Penyakit Kardiovaskular yang Perlu Diwaspadai

Mengenal Penyakit Kardiovaskular yang Perlu DiwaspadaiMengenal Penyakit Kardiovaskular

Kita juga perlu mengetahui atau mengenal penyakit kardiovaskular yang merupakan sistem yang berperan dalam mengalirkan darah untuk menuju seluruh tubuh dengan melibatkan pembuluh darah dan jantung. Kalau sampai terjadi masalah atau gangguan pada sistem kardiovaskular maka akan menyebabkan sirkulasi darah menuju seluruh tubuh akan terganggu. Kalau tidak segera mendapatkan pertolongan akan menyebabkan penyakit kardiovaskular. 

Penyakit kardiovaskular ini menyebabkan fungsi jantung dan pembuluh darah tidak bisa bekerja dengan maksimal. Penyakit kardiovaskuler yang paling banyak dikenal masyarakat adalah penyakit jantung dan stroke. Penyakit ini salah satu penyakit yang berbahaya dan menyebabkan angka kematian tertinggi di dunia. 

Mengenal Jenis-Jenis Penyakit Kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular memiliki banyak jenisnya dan semuanya sangat membahayakan bagi pasien. Jadi sangat penting sekali anda mengenal penyakit kardiovaskular lebih detail. Selengkapnya bisa simak penjelasan berikut ini : 

1. Serangan jantung 

Penyakit ini termasuk penyakit yang mematikan sebab terjadi ketika aliran darah ke organ jantung mengalami penyumbatan yang disebabkan oleh pembekuan darah. Organ jantung akan mati saat tidak mendapatkan pasokan darah yang cukup. 

Pasien yang mengalami serangan jantung kalau tidak segera mendapatkan pertolongan medis akan menyebabkan masalah yang serius hingga berujung kematian. Mengenal penyakit kardiovaskular yang satu ini dengan berbagai gejala yang dirasakan mulai dari nyeri yang menjalar sampai ke leher, rahang, nyeri di dada kiri, dan sesak napas. 

2. Aritmia 

Aritmia merupakan salah satu penyakit yang terjadi karena detak jantung yang tidak normal. Dalam hal ini detak jantung ritmenya bisa cepat, bisa lambat, bahkan tidak teratur. Tentunya anda harus waspada akan hal ini agar tidak semakin parah. 

3. Stroke 

Penyakit stroke merupakan salah satu penyakit yang terjadi karena adanya gangguan penyumbatan aliran darah menuju otak. Apabila otak tidak mendapatkan aliran darah yang cukup maka otak akan kekurangan nutrisi dan oksigen. Kalau hal ini terjadi akan menyebabkan kerusakan pada sel-sel otak. 

4. Kardiomiopati 

Penyakit ini merupakan penyakit yang terjadi karena adanya gangguan pada otot jantung. Penyakit ini sangat serius kalau dibiarkan karena bisa menyebabkan komplikasi seperti henti jantung, gagal jantung, gangguan katup jantung, dan terjadi penggumpalan darah. 

Cara Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Setelah mengetahui berbagai penyakit yang bisa terjadi pada sistem kardiovaskular. Tentunya anda tidak mau mengalami masalah pada sistem kardiovaskular. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa cara mencegah gangguan sistem Kardiovaskuler. 

1. Mengatur pola makan terutama yang berlemak 

Kalau anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak akan menyebabkan kolesterol dalam darah naik. Kalau kolesterol dalam darah meningkat ini akan menyebabkan terjadinya penyumbatan dalam pembuluh darah. Jadi lebih baik anda perlu mengatur pola makan agar tidak sampai kelebihan kolesterol dalam tubuh. 

2. Berhenti merokok 

Bagi anda salah satu perokok maka anda perlu memperhatikan akibat kalau bahaya rokok sangat berbahaya. Salah satunya bisa menyebabkan sakit jantung. Bahan kimia yang terkandung dalam rokok ini bisa membuat pembuluh darah menyempit. Jadi mulai saat ini mulailah untuk menjalani hidup sehat agar tidak sampai penyakit-penyakit berbahaya karena rokok terjadi pada anda. 

3. Melakukan olahraga secara rutin 

Cara mencegah penyakit kardiovaskular yang paling mudah adalah melakukan olahraga secara rutin. Jadi anda bisa meluangkan waktu sejenak sekitar 30 menit untuk melakukan olahraga. Olahraga yang paling mudah adalah jalan-jalan atau lari. 

4. Mengkonsumsi makanan yang mengandung serat 

Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk menurunkan kolesterol jahat adalah dengan mengkonsumsi serat. Silahkan mengkonsumsi serat 30 gram perhari untuk menurunkan kolesterol. Nah, untuk mendapatkan serat anda bisa rutin mengkonsumsi buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Selain itu jangan sampai anda terlalu stres dan terlalu kelebihan berat badan. 

Demikianlah penjelasan mengenai mengenal penyakit kardiovaskular yang sangat berbahaya. Jadi pastikan anda memperhatikan pola makan dan selalu rutin olahraga agar sistem kardiovaskular tetap baik. Semoga dengan adanya penjelasan bermanfaat untuk anda. 

You May Also Like

About the Author: Abu Hasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *