Cara Menghemat Penggunaan Energi Listrik

Cara Menghemat Penggunaan Energi Listrik

Setiap orang dianjurkan untuk melakukan hemat energi. Hemat energi akan membantu program pemerintah untuk meningkatkan ketahanan energi nasional. Hemat energi juga bermanfaat untuk mengurangi pengeluaran biaya rekening listrik. Khususnya dalam setiap rumah tangga, mengurangi biaya rekening listrik setiap bulan bisa membantu mengurangi pengeluaran bulanan. Bagaimana cara menghemat listrik untuk kebutuhan rumah tangga? Berikut beberapa cara menghemat penggunaan enegi listrik di rumah.



1. Cabut Kabel/Peralatan Dari Saklar Saat Tidak Digunakan     

Jangan biarkan peralatan terpasang pada saklar ketika sedang tidak digunakan. Baik itu pengisi daya gadget Anda, TV, setrika, maupun barang elektronik lainnya. Ketika Anda merasa tidak perlu menggunakan listrik untuk itu, sebisa mungkin hindari kebiasaan meninggalkan barang elektronik dengan kabel masih tertancap pada saklar meski dalam keadaan mati atau off. Listrik akan tetap mengalir dalam kabel tersebut ke peralatan elektronik Anda. Jika begini, listrik akan terbuang sia-sia dan Anda harus membayar tagihan listrik yang sebenarnya beberapa persen dari tagihan itu merupakan tagihan listrik yang terbuang percuma. Lebih baik cabut kabel peralatan elektronik dari saklar untuk memutuskan daya listrik yang mengalir dan akhirnya terbuang begitu saja.

2. Gunakan Listrik Dengan Sistem Pulsa

Penggunaan listrik dengan sistem pulsa akan membantu Anda dalam menghemat pengeluaran untuk tagihan listrik. Listrik pulsa ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang sudah Anda rencanakan sebelumnya dalam satu bulan. Hal ini membantu Anda dalam mengontrol pemakaian listrik secara berlebihan dan membuat Anda lebih bijak dalam menggunakan listrik. Ketika pulsa listrik Anda telah habis, maka secara otomatis semua aliran listrik yang ada di rumah Anda akan terputus dan mati sehingga untuk mengaktifkannya kembali Anda harus membeli pulsa listrik lagi. Sistemnya sama seperti pulsa handphone prabayar sehingga Anda bisa menghitung kebutuhan dan meninjau kembali apa saja yang sebenarnya bisa dieliminasi dari pemakaian listrik yang berlebihan dan dialokasikan pada kebutuhan lain yang lebih penting.

3. Hemat Pemakaian Lampu

Untuk kebutuhan lampu, siasati kebutuhan penerangan di rumah dengan menggunakan lampu hanya pada saat benar-benar dibutuhkan saja. Manfaatkan sinar matahari sebagai sumber penerangan utama saat siang hari. Gunakan lampu hemat energi yang hanya menggunakan jumlah kebutuhan listrik yang relatif sedikit. Usahakan untuk menerapkan aturan mematikan setidaknya 2 lampu pada pukul 17.00 hingga 20.00. Beberapa siasat dan pengendalian diri terhadap pemakaian listrik yang lebih dibatasi ini cukup membantu Anda dalam mengurangi ketergantungan terhadap listrik dan menekan biaya tagihan listrik bulanan Anda.

Tiga hal diatas hanya sebagian tips dalam menghemat energi listrik, untuk anda yang ingin mengetahui lebih lanjut tips dalam menghemat energi listrik bisa langsung kunjungi https://sewatama.com/alat-penghemat-energi-listrik/ . Tidak hanya tips dalam menghemat energi listrik kamu juga bisa melakukan Power Service Solution agar barang-barang elektronikmu tetap terjaga.



You May Also Like

About the Author: Abu Hasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *