5 Nama Rasul Ini Mendapat Gelar Ulul Azmi Dan Mukjizat Yang Istimewa

5 Nama Rasul Ini Mendapat Gelar Ulul Azmi Dan Mukjizat Yang Istimewa

Nama Rasul Ini Mendapat Gelar Ulul Azmi

Ulul Azmi merupakan gelar kehormatan yang diberikan kepada 5 rasul. Ulul Azmi memiliki arti orang-orang besar. Dari 25 rasul yang wajib diketahui, hanya ada 5 rasul saja yang diberi gelar Ulul Azmi. Siapa saja?

Dalam Surah Al-Ahzab (33) ayat 7 disebutkan bahwa para rasul yang termasuk Ulul Azmi memiliki syariat dalam menyampaikan agama Allah dan kitab suci kepada umat manusia. Arti Surah Al-Ahzab (33) ayat 7 adalah : “Dan (ingatlah) ketika kami mengambil perjanjian dari para nabi dan dari engaku (sendiri), dari Nuh, Ibrahim, Musa, dan Isa Putra Maryam, dan Kami telah mengambil dari mereka perjanjian yang teguh.”

Berikut 5 nama rasul yang mendapat gelar rasul Ulul Azmi :

1. Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW yang dikenal sebagai nabi akhir zaman ini sejak kecil hingga dewasa merupakan orang yang jujur, tidak pernah berbohong, dan tidak pernah melakukan maksiat.

Mukjizat yang diberikan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW adalah peristiwa Isra Miraj. Rasulullah SAW juga diberi keistimewaan berupa kitab suci Al-Quran. Al-Quran dijadikan pedoman hidup umat Islam di dunia. Selain itu beliau juga diberi mukjizat untuk mengerti bahasa binatang seperti Nabi Sulaiman, memerintah bumi dan pohon seperti Nabi Musa, dapat membelah bulan pada masa penyebaran Islam di Mekkah, dan masih banyak lagi.

2. Nabi Isa As

Mukjizat yang diberikan Allah SWT kepada Nabi Isa As adalah dapat menghidupkan kembali yang mati atas izin dan kuasa Allah SWT. Selain itu beliau juga dapat berbicara ketika baru berumur beberapa jam.

Kala itu, Nabi As dengan lancar mengenalkan dirinya pada masyarakat. Mukjizat tersebut diberikan Allah SWT pada beliau untuk melindungi ibunya yang bernama Siti Maryam dari fitnah lingkungan sekitar. Siti Maryam difitnah telah melahirkan anak (Nabi Isa As) tanpa ayah.

Dalam Al-Quran Surah Maryam ayat 30, yang artinya : Dia (Isa) berkata, “Sesungguhnya aku hamba Allah, Dia memberiku Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang Nabi.”

3. Nabi Musa As

Allah SWT memberi mukjizat pada Nabi Musa As berupa tongkat yang dapat berubah menjadi ular. Tongkat nabi Musa As tersebut mampu membelah Laut Merah sehingga dapat diseberangi. Hal ini bertujuan untuk melindungi kaumnya dari buruan Raja Fir’aun yang mengaku sebagai Tuhan.

Kemudian, Nabi Musa As menutup kembali belahan lautan tersebut, yang membuat raja Fir’aun bersama pasukannya tergulung air laut dan akhirnya mati. 

4. Nabi Ibrahim As

Allah SWT memberi mukjizat pada Nabi Ibrahim As berupa kekuatan tidak hangus terbakar api. Ketika itu, Raja Namrub melemparkan nabi Ibrahim As kedalam kobaran api. Namun, panas api tersebut menjadi dingin atas izin dan kuasa Allah SWT. Setelah api padam, Nabi Ibrahim As berjalan keluar dari puing kebakaran dengan selamat tanpa luka bakar sedikit pun.

5. Nabi Nuh As

Nabi Nuh As merupakan rasul Ulul Azmi yang mendapat mukjizat berupa kemampuan membuat perahu besar. Perintah membuat perahu besar tersebut datang dari Allah SWT. Perahu besar buatan Nabi Nuh As tersebut hanya dapat dinaiki oleh makhluk beriman dan menyelamatkan dari banjir besar.

Kelima rasul diatas mendapat gelar Ulul Azmi karena banyak mengalami berbagai cobaan dan penderitaan ketika menyampaikan ajaran Allah SWT. Karena itu, atas ketabahan dan kesabarannya, Allah SWT menganugerahi mereka gelar Ulul Azmi.

You May Also Like

About the Author: Abu Hasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *