Pilih Sesuai Budget, Ini Tips Memilih Mobil Tua Ala Otoklix

Tips Memilih Mobil Tua Ala Otoklix

Bagi sebagian kalangan mobil tua memiliki daya tarik tersendiri. Karena itu mobil tua masih diminati mereka yang ingin bernostalgia dengan mobil era 90an ini. Tapi, untuk memiliki mobil tua diperlukan ketelitian sebelum membelinya. Pastikan Anda mengecek semua komponen mobil masih bisa berfungsi dengan baik, agar nantinya mobil tua Anda tidak keluar masuk bengkel untuk diservis. Nah, bagi Anda yang berniat membeli mobil tua, berikut Kami berikan tips memilih mobil tua yang bisa Anda terapkan.  

Tips Memilih Mobil Tua 

Berikut tips-tips yang perlu Anda lakukan saat memutuskan membeli mobil tua

1. Pilih Sesuai Budget 

Tips yang pertama dalam memilih mobil tua adalah dengan menyesuaikan budget yang dimiliki. Mengingat mobil tua butuh ekstra perawatan, maka pilihlah mobil tua dengan harga yang terjangkau untuk mengantisipasi biaya tak terduga selama pemakaian mobil tua. 

Bukan hanya memilih harga yang terjangkau, Anda juga perlu mengecek harga mobil tua yang Anda pilih di pasaran. Bila Anda membeli mobil tua dari penjual yang menawarkan harga di bawah pasaran, pastikan kondisi mobil tersebut masih bagus dan prima. 

2.  Periksa Body Mobil Secara Keseluruhan

Tips yang satu ini penting bagi Anda yang memilih mobil tua untuk mengantarkan kemanapun Anda pergi. Pilihlah mobil tua dengan kondisi body yang masih bagus dan mulus. Anda bisa tanyakan pada penjualnya track record mobil tersebut. Apakah pernah mengalami benturan, kecelakaan atau tabrakan. Penting juga mengetahui apakah mobil tersebut telah di modifikasi atau ada bagian body yang sudah diganti. 

2. Cek Kaki-Kaki Mobil

Tips selanjutnya adalah dengan mengecek bagian kaki-kaki mobil. Bila menemukan masalah atau kurang nyaman pada bagian kaki-kaki sebenarnya wajar saja, mengingat mobil tua adalah mobil yang telah berumur puluhan tahun.

Anda bisa cek bagian kaki-kaki bermasalah atau tidak dengan melakukan test drive pada mobil tersebut. Bila terdengar suara aneh atau bagian bantingan mobil yang keras, itu menandakan bagian kaki-kaki mobil tersebut butuh peremajaan.

3. Pastikan  Bagian Mesin Berfungsi dengan Baik

Pastikan mobil tua yang Anda pilih masih memiliki mesin yang berfungsi dengan normal. Hal tersebut bisa Anda rasakan dengan cara menghidupkan mesin mobil tersebut. 

Bila saat menghidupkan mobil, terdengar suara aneh, maka Anda bisa cek bagian knalpot, apakah masih normal atau tidak. Periksa juga bagian lubang knalpot dengan jari Anda. Pastikan lubang knalpot dalam kondisi kering serta bebas dari air dan oli. 

Kemudian lihat juga asap yang keluar dari lubang knalpot, lewat asap knalpot Anda bisa mengetahui bila terdapat masalah pada bagian ring seher, silinder head, atau pun adanya kebocoran saat proses pembakaran mesin. 

Lalu cek pula secara visual di mesin apakah terdapat kebocoran atau rembesan oli mesin di bagian mesin atas maupun mesin bawah. Pastikan  juga Anda telah mengecek semua fitur yang ada di dalam mobil, apakah masih dapat berfungsi dengan baik atau tidak seperti AC, wiper, blower dan lainnya. 

4.  Cek Radiator

Tips selanjutnya saat Anda memutuskan untuk membeli mobil tua ialah bagian radiator jangan sampai terlewatkan untuk di cek apakah masih atau tidak. Karena salah satu masalah yang paling sering dialami mobil tua adalah bagian radiator yang sering overheat

5. Pastikan Suku Cadang Masih Tersedia Di Pasaran

Selanjutnya yang perlu diperhatikan saat memilih mobil tua adalah dengan memastikan suku cadang yang digunakan mobil tersebut masih tersedia di pasaran. Sehingga bila ada bagian atau komponen mobil yang perlu diganti maka Anda tidak kesulitan mencarinya. Karena pada umumnya suku cadang maupun aksesoris mobil tua sangat jarang di pasaran. Sedangkan mobil tua sendiri biasanya perlu dilakukan peremajaan kembali suku cadangnya. 

6. Pastikan Surat-surat Lengkap (STNK+BPKB)

Tips terakhir saat Anda memilih mobil tua adalah memastikan kelengkapan surat-surat berupa STNK dan BPKB atas mobil tersebut masih ada dengan pajak hidup. 

Anda juga perlu teliti bahwa nomor mesin dan rangkanya sama dengan yang tertera pada surat-surat tersebut. Untuk mobil keluaran tahun 70-an, Anda bisa cek apakah masih ada sertifikat kendaraan berupa bookpass sebagai pengganti BPKB, karena mobil pada era tersebut belum ada BPKBnya.

Nah, itulah 6 tips memilih mobil tua yang bisa Anda terapkan sebelum memutuskan untuk membelinya. Bila ternyata mobil yang Anda beli perlu dilakukan banyak perbaikan pada komponen-komponennya, Anda bisa bawa ke bengkel terpercaya yang mengerti tentang perawatan mobil tua.

Anda bisa temukan bengkel mobil berkualitas dan profesional lewat aplikasi atau website Otoklix. Bengkel yang menjadi mitra Otoklix memiliki mekanik yang ahli dalam urusan perawatan dan servis segala mobil termasuk mobil tua. [/et_pb_text][/et_pb_column][/et_pb_row][/et_pb_section]

Related Posts

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.