Baju Lebaran Baru Penuh Makna

By On Senin, Mei 29th, 2017 Categories : Fashion

Baju Lebaran Baru Penuh Makna

baju-muelim-lebaran-murah-terbaru-2015

Membeli baju lebaran baru sudah menjadi kebiasaan tahunan bagi para muslim di Indonesia. Walaupun banyak yang mengatakan bahwa lebaran tidak harus menggunakan baju baru, tetapi baju baru memiliki arti tersendiri sebagai cara merayakan hari penting yang hanya terjadi satu tahun sekali. Baju baru menjadi lebih berarti dengan memilih baju dengan makna khusus.

Baju Lebaran yang Tidak Hanya Trendi

Seperti halnya pakaian pada umumnya, baju lebaran juga hadir dengan tren pada setiap tahunnya. Namun, memilih pakaian yang akan dikenakan di hari raya suci tentunya harus lebih dari sekedar trendi. Yang pasti pilihannya haruslah baju muslim yang memperlihatkan jatidiri sebagai seorang muslim. Bangga dengan agama yang dianut tentunya menjadi suatu keharusan.

Baju muslim untuk para perempuan banyak sekali jenisnya. Inti dari baju muslim perempuan adalah menutup aurat. Rangkaian baju-baju panjang dengan hijab menjadi pilihan untuk menampilkan gaya berbusana muslimah yang tertutup dan sopan. Tunik yang dipadukan dengan rok panjang, blouse dengan celana panjang, gamis, dan kaftan adalah beberapa contohnya. Hijab syar’i yang panjang menutupi dada memberikan rasa percaya diri dan kebanggaan sebagai muslimah yang taat.

Bagi para pria di Indonesia, baju koko menjadi simbol busana muslim pria. Baju koko bisa berlengan panjang maupun pendek. Biasanya, baju koko hadir dengan detail bordir, walaupun ada beberapa baju koko yang menggunakan detail lain seperti printing atau bahkan hanya baju koko polos saja. Paduan baju koko bisa dengan celana panjang atau sarung. Selanjutnya dilengkapi dengan peci atau kupluk sebagai penutup kepala.

Pilihan warna baju lebaran sebenarnya disesuaikan dengan selera pribadi dan warna kulit. Namun, warna putih banyak dipilih karena menyimbolkan kesucian yang sesuai dengan arti lebaran yaitu kembali ke suci. Untuk semakin memperdalam arti, pemilihan baju muslim sebaiknya tidak yang mewah. Baju yang sederhana tetapi nyaman dan elegan lebih bermakna karena bisa memancarkan kecantikan dari dalam.

Untuk pasangan atau keluarga, ada satu tren yang memiliki makna mendalam yaitu baju pasangan dan baju seragam keluarga. Baju yang memiliki kesamaan tertentu ini memperlihatkan identitas pemakainya sebagai pasangan atau keluarga. Kesamaannya bisa dari warna, motif, atau detail-detail tertentu yang terlihat jelas. Memakai baju lebaran seperti ini memberikan rasa bangga dengan hubungan yang dimiliki.

Sebagai pelengkap, para muslim juga menggunakan alat ibadah baru di hari lebaran. Para perempuan menggunakan mukena baru untuk sholat Ied. Berbeda dengan wanita, para pria tidak membutuhkan baju tambahan untuk beribadah. Perlengkapan ibadah barunya bisa berupa sajadah dan tasbih. Saat menghadap Tuhan di hari yang sangat mulia, tentunya menjadi sangat berarti dengan pilihan baju lebaran baru dan juga perlengkapan ibadah baru yang menunjukkan kebanggaan sebagai muslim.

Baju Lebaran Baru Penuh Makna | nagademo | 4.5