Beberapa Kendala Untuk Mewujudkan Perumahan Murah di Jakarta (part 2)

By On Kamis, Februari 22nd, 2018 Categories : Bisnis

Beberapa Kendala Untuk Mewujudkan Perumahan Murah di Jakarta (part 2)
Perumahan Murah di Jakarta

Mewujudkan perumahan murah di Jakarta memang tidak semudah yang dibayangkan. Mahalnya harga tanah dan harga material bangunan seringkali menjadi kendala tersendiri yang dapat membuat kandasnya impian banyak orang untuk memiliki hunian di perumahan murah di Jakarta. Tak hanya itu, ada pula beberapa hal lainnya yang menjadi kendala untuk mewujudkan perumahan murah di Jakarta. Apa saja? Artikel lanjutan berikut akan mengulas seputar kendala lainnya yang dapat mengagalkan terwujudnya perumahan murah di Jakarta.

Perijinan yang berbelit-belit

Selain harga tanah yang mahal serta material bangunan yang terus naik, masalah klasik seperti perijinan juga kerap kali mengganjal para developer untuk mewujudkan perumahan murah di Jakarta. Seperti menjadi kebiasaan, para aparatur negara terkadang suka membuat perijinan pembangunan perumahan murah di Jakarta menjadi berbelit-belit dan tidak praktis. Padahal, banyaknya waktu yang terbuang untuk mengurus perijinan dapat berdampak pada membengkaknya biaya operasional developer dalam mewujudkan perumahan murah di Jakarta. Sehingga, tak jarang proyek pembangunan menjadi mangkrak akibat biaya yang membengkak dan konsumen yang telah membayar down payment pun akhirnya dirugikan.

Sulitnya menekan harga rumah

Hal lain yang membuat perumahan murah di Jakarta sulit untuk terwujud adalah sulitnya menekan harga rumah. Ya, karena harga tanah dan material yang cukup mahal disertai biaya-biaya yang harus dikeluarkan developer, tak jarang developer sulit untuk menekan harga rumah yang ditawarkan sejak awal penawaran. Padahal, hal tersebut justru menjadi inti dari perumahan murah di Jakarta karena apabila harga tidak di tekan, maka orang yang membutuhkan akan kesulitan untuk mendapatkan hunian yang diinginkan.

Itu tadi beberapa kendala yang dapat membuat perumahan murah di Jakarta menjadi gagal terwujud. Meskipun demikian, pemerintah Jakarta kini telah membuat inovasi dengan pembuatan rumah susun dengan dp 0 rupiah bagi masyarakat Jakarta. Proyek tersebut nantinya bertujuan untuk para warga Jakarta yang ingin memiliki hunian murah dengan harga terjangkau Selain itu, hal tersebut bertujuan untuk mengatasi pembangunan perumahan murah di Jakarta yang sulit terwujud.

Beberapa Kendala Untuk Mewujudkan Perumahan Murah di Jakarta (part 2) | nagademo | 4.5