Cara Efektif Berhenti Merokok, Yuk Mulai Hidup Sehat!

Cara Efektif Berhenti Merokok, Yuk Mulai Hidup Sehat!



Sumber: pinterest.com
Sumber: pinterest.com

Seseorang yang sudah terbiasa merokok terkadang sulit untuk berhenti. Merokok merupakan suatu kebiasaan yang sering dilakukan dalam kehidupan setiap hari. Maka tak heran, jika rokok susah buat dihindari bagi mereka yang sudah ketergantungan dengan rokok. Kalau kamu sedang mengalami hal ini, alangkah baiknya kamu harus mempersiapkan banyak hal dulu. Orang yang sudah kecanduan rokok faktanya sulit untuk berhenti dan sembuh lebih cepat. Mempersiapkan hal dengan matang perlu sekali dilakukan oleh para perokok aktif. Marra Williams, spesialis pendidikan kesehatan mengatakan, jika seseorang belajar cara merokok dengan sendiri, maka mereka harus belajar sendiri juga bagaimana caranya untuk berhenti merokok.

Sekarang ini, sudah banyak orang yang mulai sadar akan bahayanya merokok bagi kesehatan, dan mulai mencari cara buat berhenti merokok dengan efektif. Berikut kami telah merangkum beberapa cara efektif berhenti merokok dari berbagai sumber yang bisa kamu simak di bawah ini.

  1. Rutin Berolahraga
Sumber: pinterest.com
Sumber: pinterest.com

Melakukan olahraga dengan rutin bisa membantu kamu mengurangi hasrat terhadap nikotin. Saat hasrat buat menghisap rokok datang, cobalah lakukan kegiatan olahraga seperti jogging, berenang atau bersepeda. Bergaul dengan mereka yang mempunyai pola hidup sehat juga membantu sekali biar kamu bisa berhenti menghisap rokok.

  1. Hindari Kebiasaan Ingin Merokok
Sumber: pinterest.com
Sumber: pinterest.com

Kebiasaan yang bisa menjadi pemicu untuk merokok kembali tentu harus dihindari agar bisa berhenti merokok. Misalnya seperti mengurangi kebiasaan minum kopi, minum alkohol, atau berkumpul dengan orang yang aktif merokok. Hal ini dapat menjadi faktor kamu buat merokok lagi. Kalau kamu mempunyai kebiasaan merokok sesudah makan, coba alternatif lain seperti mengunyah permen tanpa ada kandungan gula. Dengan menghindari pemicu bakal sangat efektif buat berhenti merokok.

  1. Jauhkan Stres
Sumber: pinterest.com
Sumber: pinterest.com

Stres adalah salah satu faktor seseorang buat merokok. Kalau kamu sedang stres dan tidak dapat dihindari, cobalah untuk melakukan hal yang bikin kamu jadi lebih rileks selain dengan menghisap pod vape atau rokok tembakau. Misalnya dengan pijat tubuh, menonton hiburan menarik, atau mendengarkan musik yang bisa meningkatkan mood jadi lebih baik. Pergi liburan ke tempat rekreasi atau wisata juga akan membuat pikiran jadi lebih fresh dan rileks.

  1. Melakukan Berbagai Aktivitas
Sumber: pinterest.com
Sumber: pinterest.com

Kalau dalam 14 hari kamu sudah berhasil buat tidak merokok, maka peluang untuk berhenti merokok kedepannya juga akan semakin tinggi. Agar kamu berhasil melakukan program ini, kamu bisa menyibukkan diri dengan melakukan berbagai aktivitas menyenangkan. Mengikuti kegiatan olahraga di pusat kebugaran atau komunitas hidup sehat juga gak ada salahnya lho. Pastikan kamu menikmati segala aktivitas yang kamu lakukan sehingga hasrat buat merokok perlahan dapat berkurang.

  1. Menerapkan NRT (Nicotine Replacement Therapy)
Sumber: pinterest.com
Sumber: pinterest.com

Melakukan terapi pengganti nikotin dapat kamu coba untuk mulai berhenti merokok. Biasanya saat seorang berhenti mengkonsumsi nikotin bakal membuatnya jadi frustasi. Nah, dengan terapi ini setidaknya bisa membantu meringankan frustasi yang kamu derita. Secara medis, cara satu ini direkomendasikan sekali bagi mereka yang ingin berhenti menghisap rokok. NRT memungkinkan seseorang berhenti merokok sampai 55 persen. Media yang digunakan NRT ini bervariasi, ada yang berbentuk plester, permen karet, tablet serta semprotan hidung atau mulut.

  1. Selalu Ingat Dampak Buruk Rokok untuk Kesehatan
Sumber: pinterest.com
Sumber: pinterest.com

Saat hasrat untuk merokok datang, cobalah ingat kembali dampak buruk menghisap rokok bagi kesehatan kamu. Baik itu rokok tembakau maupun rokok elektrik (Vape). Tembakau pada rokok umumnya mencangkup penyakit pada organ jantung dan juga paru-paru, seperti stroke,  kanker laring, kanker pankreas, kanker paru-paru, serangan jantung, hingga emfisema.

Baca juga: Apa Sih Sebenarnya Manfaat Rokok Elektrik? Cari Tahu Yuk!

Tak kalah bahayanya, rokok vape juga bisa menyebabkan serangan jantung hingga kematian mendadak. Ini disebabkan karena kandungan nikotin yang terdapat dalam liquid masih ada. Menurut seorang spesialis jantung dari University of California, Los Angeles, dr.Holly Middlekauff, uap nikotin dari vape yang dimasukkan oleh liquid vape terdapat hal yang menyebabkan meningkatnya produksi dan kadar pada hormon adrenalin. Jika ini diabaikan begitu saja, bisa berpotensi serangan jantung. Jadi, dengan kamu mengingat dampak buruk rokok untuk kesehatan, tentunya hasrat untuk merokok pun bisa teratasi dengan bijak.

Semoga poin-poin di atas bisa membantu kalian yang ingin berhenti merokok dan mulai hidup sehat!



You May Also Like

About the Author: Abu Hasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *