Cara Membuat Cilok Sederhana

Cara Membuat Cilok Sederhana

Cara Membuat Cilok Sederhana

Cemilan apa yang sedang anda ingin makan? Jika anda ingin makan yang enak dan kenyal, cilok adalah jawabannya. Cilok bisa anda stok lho di rumah menjadi sajian yang kapan saja bisa anda masak. Nah, cilok ini bisa anda masukkan freezer dan masak kapan saja. Pastinya anda ingin sekali bukan? Cilok apa saja yang ingin anda makan juga bisa dibuat berbeda-beda rasa dan isinya. Jadi anda ingin makan cilok manis, tinggal ambil yang manis. Ingin makan yang pedas, ambil cilok pedasnya. Nah berikut cara membuat cilok sederhana dengan berbagai rasa dan isi.

  • Cilok Ikan

Anda pernah makan pempek kan? Nah cilok ikan ini mirip namun versi yang lebih sederhana dan juga mudah dibuat. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat cilok ini adalah ikan tenggiri 2 ekor, tepung tapioka 550 gram, tepung terigu 200 gram, bawang putih 10 siung, garam dan micin. Anda siapkan juga minyak goreng 2 sendok makan untuk merebus ciloknya.

Cara membuatnya adalah isi air pada panci kecil. Masukkan tepung terigu dan bawang putih yang sudah diblender. Setelah itu anda masak hingga tercampur. Kemudian anda taruh di dalam tepung tapioka. Aduk rata hingga tercampur dan masukkan garam sekitar 1 sendok teh, masukkan juga micinyya secukupnya. Kemudian anda masukkan ikan yang sudah diblender halus. Setelah itu anda bentuk hingga bulat-bulat. Kemudian rebus di dalam air yang ada minyaknya. Nah siap disantap dan disimpan.

  • Cilok Isi Tumisan Labu

Resep yang kedua ini merupakan cilok yang bisa anda jadikan variasi ketika sudah bosan yang biasanya. Bahan-bahan yang dibutuhkan dalah tepung tapioka 600 gram, tepung terigu 250 gram, daun seledri 2 batang, kaldu bubuk ayam, dan garam. Bahan-bahan untuk tumisan labunya adalah labu siam 2 buah, merica, bawang putih dan cabe pedas 5 buah.

Cara membuat cilok isi tumisan labu ini adalah dengan membuat cilok dahulu. Masukkan tepung terigu ke dalam tepung tapioka. Anda ambil garam dan kaldu bubuk ayam dan aduk ke dalam campuran tepung tadi. tambahkan air sedikit saha. Lalu aduk dengan tangan, dan masukkan air lagi. Sekarang buah tumisan labunya dengan menumis bawang putih dan labunya. Tambahkan garam dan setelah itu masukkan cabe uleknya. Angkat dan isikan pada ciloknya, tumisan labu bisa melebar jadi isi sedikit saja dan tutup. Setelah itu rebus cilok isi tumisan labunya. Dan sisihkan, makan dengan bumbu kacang.

  • Cilok telur Gulung

Inovasi dari cilok sederhana bisa sekali dicampur dengan telur. Siapkan dahulu bahan-bahan untuk membuat ciloknya. Siapkan tepung tapiokanya sekitar 480 gram, tepung terigu 220 gram, daun bawang 2 batang dipotong kecil, garam dan kaldu bubuk ayam. Sekarang anda siapkan bahan telurnya yaitu telur ayam 3 butir, merica, dan garam.

Cara membuatnya adalah dengan mengaduk tepung terigu dan tepung tapiokanya. Setelah itu berikan air sedikit saja dan tambahkan bumbunya seperti garam dan kaldu bubuk ayam. Masukkan daun seledri juga dan setelah itu aduk lagi. Bulat-bulat adonan ciloknya. Rebus semua adonannya yang telah dibulatkan. Setelah itu anda siapkan kocokan telur yang telah diberi merica dan garam. Potong-potong ciloknya dan masukkan pada telurnya. Ambil teflon dan goreng campuran cilok dan telur. Angkat dan gulung, potong dan berikan mayonnaise di atasnya.

You May Also Like

About the Author: Abu Hasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *