Contoh Daftar Riwayat Hidup Simple Untuk Kamu Fresh Graduate!

Contoh Daftar Riwayat Hidup Simple
Foto: gramedia.com

Dalam membuat daftar riwayat hidup terbilang susah susah gampang karena terkadang kita bingung apa saja yang harus dicantumkan teruntuk para fresh graduate yang baru lulus. Pentingnya membuat daftar riwayat hidup untuk melamar sebagai syarat agar HRD bisa melihat rangkuman pribadi pelamar untuk dipanggil bekerja atau tidaknya.

Daftar riwayat hidup atau curriculum vitae (CV) merupakan dokumen yang didalamnya memberikan informasi si pelamar kepada perusahaan dengan tujuan segala data informasi mengenai pelamar sesuai kriteria perusahaan. Daftar riwayat hidup ada yang di design sangat kompleks dan ada juga yang simple.

Ada beberapa bagian yang wajib dicantumkan dalam membuat daftar riwayat hidup yaitu :

  1. Data Diri

Memberikan informasi mengenai calon pelamar seperti nama, tanggal lahir, kewarganegaraan dan sebagainya sangat penting karena terkadang kualifikasi dari data diri akan dinilai dan apakah sesuai dengan tidaknya calon pelamar. Contohnya jika lowongan kerja untuk maksimal umur 30 tahun maka HRD akan memilah mana umur yang masuk kualifikasi atau tidak masuk kualifikasi.

  1. Riwayat Pendidikan

Mencantumkan riwayat pendidikan merupakan kewajiban seorang pelamar agar perusahaan mempertimbangkan calon karyawan tersebut masuk kualifikasi atau tidak. Contohnya jika lowongan untuk minimal lulusan SMA/SMK maka riwayat pendidikan yang dibawah strata tersebut dipastikan tidak akan diterima.

  1. Tambahan Lainnya

Mencamtumkan seperti pengalaman kerja, sertifikat yang terkait dengan pekerjaan yang dilamar, sertifikat prestasi akan memberikan nilai lebih untuk kamu semakin banyak sertifikat yang dilampirkan semakin menarik HRD untuk memanggilmu untuk interview.

Itulah beberapa bagian penting yang harus dicantumkan saat akan membuat daftar riwayat hidup. Untuk itu, kami akan memberikan contoh daftar riwayat hidup yang simple dan bisa kamu pakai saat akan melamar ke perusahaan. Berikut contohnya :

 

 

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

 

Bahwa yang bertanda tangan dibawah ini :

 

Nama Lengkap                  :               Ahmad Fairuz Ridwan
Tempat, Tgl Lahir               :               Bandung, 14 Januari 2008
Jenis kelamin                     :               Laki-Laki
Kewarganegaraan             :               Indonesia
Agama                               :               Islam
Status                                 :               Belum Menikah
Alamat                                :               Jl. Terusan Jakarta No. 45 RT/RW 03/05 Kel. Babakan                                                                       Surabaya Kec. Kiaracondong, Kota Bandung
Telepon                               :               081 5344 7812
Email                                   :               [email protected]

 

Menerangkan dengan sebenarnya,

 

Riwayat Pendidikan  :

-SDN Soka, Jl. Soka No. 34 Bandung, Tahun 2016
-SMPN 22, Jl. Supratman No. 24 Bandung, Tahun 2019
-SMAN 10, Jl. Cikutra No. 77 Bandung, Tahun 2022

 

Kemampuan :

-Memahami dan menguasai pengoperasian aplikasi Microsoft ( Word, Excell, Access )
-Mampu berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris baik aktif dan pasif
-Memahami dan menguasai aplikasi editor Video ( Sony vegas, adobe premiere )
-Memahami dan Menguasai tekni fotografer dan Shoot video

 

Demikian Daftar Riwayat Hidup ini saya buat dengan sebernarnya.

 

 

Yang bersangkutan,

 

 

( Manda Mustika )

 

Itulah contoh daftar riwayat hidup yang bisa kamu gunakan untuk melamar ke perusahaan yang kamu tuju. Ingat dalam mengisi daftar riwayat hidup harus jujur dan jangan melebihkan karena pada saat interview kamu akan ditanyai seputar daftar riwayat hidup yang kamu berikan.

Baca juga : Jenis Surat Pernyataan dan Faktor yang Harus di Penuhi

Jika kamu asal atau membohongi data diri demi dipanggil maka kamu pasti tidak akan diterima karena HRD akan tahu kamu berbohong atau tidak. Isikan data diri dan yang lainnya sesuai yang kamu miliki dan kuasai. Nah selamat mencoba semoga contoh daftar riwayat hidup ini bisa membuatmu keterima di perusahaan yang kamu lamar.

You May Also Like

About the Author: Abu Hasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.