Lengkap Bacaan Sholat Jenazah untuk Laki-laki

Sholat Jenazah untuk Laki-laki

Sholat jenazah adalah sholat yang di lakukan kepada jenazah muslim yang sudah meninggal. Harus Anda tahu jika menunaikan sholat jenazah ini hukumnya wajib. Pada kesempatan kali ini mari simak yuk penjelasan mengenai tata cara sholat jenazah laki-laki

  • Membaca Niat

Hal yang paling utama saat melakukan sholat jenazah adalah dengan membaca niat. Bacaan niat ini bisa Anda baca di dalam hati dengan menggunakan bahasa Indonesia atau bisa juga menggunana bahasa Arab. Ini dia niat sholat jenazah laki- laki:

“Usholli ‘ala hadzal mayyiti fardholi ma’amuman lillahi ta’ala”

Artinya: “Saya niat shalat atas mayit laki-laki ini fardhu karena Allah SWT”

  • Takbir Pertama

Setelah membaca niat kemudian sholat jamaah ini di lanjutkan degan takbir pertama. Setelah takbir dilanjutkan dengan membaca surat Al-Fatihah, surat ini di baca untuk imam dan makmum.

  • Takbir Kedua

Di takbir kedua kemudian di lanjutkan lagi dengan membaca sholawat Nabi Muhammad SAW, ini dia bacaan yang bisa Anda baca:

“Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad”

Artinya: “Ya Allah, berikanlah rahmat-Mu kepada junjungan kami Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad.”

Saat melakukan sholat jenazah Anda juga dianjurkan untuk membaca sholawat yang panjang, bacaann sholawatnya ini sama dengan bacaan di Takhiyat Akhir,  yaitu:

“Allahumma shalli ‘ala sayyidinaa muhammad wa’ala aali sayyidinaa muhammad, kamaa shallayta ‘alaa sayyidinaa ibraahiim wa’alaa aali sayyidinaa ibraahiim wa baarik ‘alaa sayyidinaa muhammad wa’alaa aali sayyidinaa muhammad kamaa baarakta ‘alaa sayyidinaa ibraahiim wa ‘alaa aali sayyidina ibraahiim fil ‘aalamiina innaka khamiidum majiid.”

Artinya: “Ya Allah berilah (tambahkanlah) shalawat (sanjungan) kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberi shalawat kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji (lagi) Maha Mulia. Ya Allah, berilah (tambahkanlah) berkah kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberi berkah kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji (lagi) Maha Mulia.”

  • Takbir Ketiga

Di takbir ke tiga di lanjutkan lagi untuk membaca doa untuk jenazah sesuai dengan jenis kelaminnya. Berikut ini ada bacaan doa untuk jenazah laki- laki:

“Allahummagfir lahu warhamhu wa ‘afihi wa ‘fu’anhu wakrim nuzulahu wa wasi’ madkholahu wagsilhu bilma’i watsalju wal bardi wa naqqihi minadzunubi walkhotoyaya kama yunaqqi atssaubulabyadhu binaddanasi wa abdilhu daaron khoiron min daarihi, wahlan khoyron min ahliho, wa zaujan khoyron min zaujihi waqihi fitnatalqobri wa ‘adzabi nnar.”

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah dia. Selamatkan dan maafkanlah dia. Berilah kehormatan terhadapnya, luaskanlah tempat kuburnya. Mandikanlah dia (mayit) dengan air, salju, dan embun.”

“Bersihkanlah dia dari segala kesalahan sebagaimana Engkau membersihkan baju putih dari kotoran. Gantikanlah untuknya rumah yang lebih baik dari rumahnya, juga istri yang lebih baik dari istrinya. Dan peliharalah (lindungilah) ia dari azab kubur dan neraka.”

Baca juga Hukum Berkurban dalam Islam dan Manfaatnya

  • Takbir Keempat

Takbir keempat ini adalah rakaat yang paling terakhir dalam sholat jenazah. Pada rakaat ke empat ini dia bacaan yang bisa dibaca:

“Allahumma tarimna Ajrohu walataftinna bakdahu”

Artinya: “Ya Allah, janganlah jadikan pahalanya tidak sampai kepada kami (janganlah Engkau meluputkan kami akan pahalanya), dan janganlah Engkau memberi kami fitnah sepeninggalnya, dan ampunilah kami dan dia.”

  • Salam

Jika Anda sudah selesai melakukan takbir keempat Anda bisa melanjutkan salam sambil menengok ke arah kanan dan kiri sambil di posisi berdiri.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.